Diisukan Mundur, Menkeu Masih On

Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan), Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kiri) seusai rapat di Jakarta, Selasa (10/3) malam. (Foto: IG@smindrawati)
Klik untuk perbesar
Menteri Keuangan Sri Mulyani (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kedua kanan), Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo (kedua kiri) seusai rapat di Jakarta, Selasa (10/3) malam. (Foto: IG@smindrawati)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sri Mulyani dihantam isu tak sedap. Kemarin, eks Direktur Pelaksana Bank Dunia itu diisukan akan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Menteri Keuangan. Isu itu sudah dipastikan hoaks. Pasalnya, Sri mulyani masih on.

Kemarin, dia masih sibuk menjalankan tugasnya. Kabar Sri Mul mundur heboh di media sosial, seharian kemarin. Isu tersebut juga ramai di grup-grup Whatsapp. Isu Sri Mul mundur berawal saat akun @do_ra_dong di Twitter memberi bocoran informasi adanya menteri yang hendak mengundurkan diri.

“Seiring informasi yang kami terima selasa pagi ini. ada menteri yang sudah minta untuk diganti serta meminta aturan mekanisme pengunduran diri. Informasi terbatas,” cuitnya, kemarin pagi.

Kolom komentar cuitan itu langsung dibalas ratusan warganet. Hingga semalam, komentarnya sudah mencapai 500. Mereka berspekulasi siapa yang bakal mundur. Nah, dari situlah isu mundurnya Sri Mul berkembang. Mereka mengaitkan kondisi resesi ekonomi global dengan kemunduran itu.

Berita Terkait : Sri Mul Sebut Putusan MA Pengaruhi Kelanjutan BPJS Kesehatan

“SMI dalam tekanan besar, resesi global telah menanti, sebelum krisis ekonomi tiba dan sebelum krisis politik terjadi,” analisis @ wiswayahe_. “Keuangan sedang sakit parah,” sambar @georget1981.

Sementara akun @SutariUu111 menduga, Sri Mul mundur karena kenaikan iuran BPJS dibatalkan MA. Menkeu, katanya, jadi pusing mencari dana. “Paling jeng Sri deh...BPJS gak naik, mau nyari duit dari mana lagi coba?? China?? Lagi nyungsep,” tebaknya.

Ada pula yang mengaitkannya dengan Jiwasrayagate. “Dulu pas century gate mencuat dia ‘mundur’. Sekarang setelah ramai Jiwasraya gate dia mundur juga. Inginku memaki,” kicau @ dli_ahmad_j. Akun @Donadam68 kemudian kembali mempertanyakan isu itu lewat cuitannya. “Apa benar SMI mundur?” cuitnya yang dibalas hampir 100 netizen di kolom komentar.

Tapi beberapa netizen menyatakan, itu cuma isu. Sumbernya, adalah berita yang ternyata sudah lama. Berita itu memuat Sri Mulyani yang mundur dari Bank Dunia, bukan dari jabatan Menkeu. “Itu berita tahun 2016 bang mundur dari BD,” jelas @djumadi_deddy.

Berita Terkait : Sri Mulyani Bikin Takut Saja

Dikonfirmasi Rakyat Merdeka semalam, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Informasi (KLI) Kemenkeu Rahayu Puspasari malah balik bertanya. “Oh ya? Kata siapa?” tanya dia. “Isu tersebut tidak benar adanya,” tegas dia. Soalnya, Sri Mulyani disebut Rahayu kemarin masih melakukan sejumlah kegiatan.

Kegiatan itu dibagikan Sri dalam postingan di akun Instagramnya, @smindrawati. Pagi hari, Sri melaporkan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan untuk tahun pajak 2019 di Kantor Dirjen Pajak. Sri Mulyani melaporkan SPT Tahunan itu bersama dengan beberapa jajaran pejabat eselon I Kementerian Keuangan seperti Direktur Jenderal Pajak Suryo Utomo, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi dan Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan Hadiyanto.

Kemudian, setelah itu, malam harinya, juga di kantor Dirjen Pajak, Sri Mul melakukan rapat bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur BI Perry Warjiyo, Ketua DK OJK Wimboh Santoso, serta Ketua DK LPS Halim alamsyah dan timnya.

Rapat itu mem bahas kondisi pasar keuangan global dan nasional. Serta, perekonomian yang menghadapi gejolak akibat virus corona dan perang minyak. “Kami tetap semangat dan sinergi saling mendukung untuk menjaga perekonomian dan sistem keuangan. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh. Semangat menjaga Indonesia,” tulis Sri dalam caption foto postingannya.

Berita Terkait : Ekonomi Goyah, Politiknya Kokoh

Ini bukan kali pertama Sri Mul digosipkan mundur. Pada 2017, dia juga dihantam isu serupa. Isu itu menyebut, pengunduran diri Sri Mul dipicu kesalahpahaman informasi dari media asing tentang pernyataan Presiden Jokowi terkait pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Sri Mul menampik isu ini. Menurutnya, tak ada niat dari dirinya untuk mengundurkan diri dari jajaran Menteri Kabinet Kerja. “Enggak ada itu,” bantah Sri Mulyani di Kompleks Istana Negara, Jakarta, Kamis (18/5/2017). [OKT]