RMco.id  Rakyat Merdeka - Wabah penyebaran corona dianggap makin (Covid-19) mengkhawatirkan. Mengantisipasi penyebaran virus, Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) sebagai penyelenggara mempercepat penutupan Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2020 di Jakarta Convention Center, Senayan.

Forum pertemuan dan diskusi seputar pertanian dan pangan se-Asia ditutup lebih awal. Semula dijadwalkan tanggal 14 Maret 2020 pukul 14:00 WIB menjadi pukul 09:00 pagi.

Berita Terkait : Moeldoko Acungi Jempol Penanganan Corona Di Yogyakarta

"Keputusan ini merupakan tindaklanjut dan merujuk pada Keputusan Presiden Nomor 7 Tahun 2020 yang diterbitkan tanggal 13 Maret 2020," ungkap Ketua Umum HKTI Jenderal (Purn) Moeldoko dalam keterangan persnya kepada Rakyat Merdeka, Sabtu (14/3).

Selain alasan kekhawatiran, HKTI juga mengacu pada Protokol WHO dan Instruksi Gubermur DKI selama pandemi virus corona. Moeldoko meminta maaf kepada seluruh pihak yang mendukung kesuksesan acara tersebut.

Berita Terkait : Jokowi: Realisasi Program Perlindungan Sosial Telah Berjalan Baik

"HKTI memohon maaf kepada seluruh peserta, pengunjung, dan sponsor ASAFF 2020 atas keputusan yang diambil demi kenyamanan dan keamanan bersama," paparnya.

HKTI mengucapkan terimakasih atas dukungan, partisipasi, dan peran serta masyarakat yang telah mensukseskan ASAFF 2020.

Baca Juga : Bamsoet Kirim ASN Belajar Ke Unpad

Untuk diketahui, ASAFF sudah berlangsung selama dua hari. Acara dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (12/3) lalu. Penutupan ASAFF dijadwalkan pada hari ini, (14/3) pukul 14.00 WIB, namun atas alasan keselamatan acara pun dipercepat menjadi pukul 09.00 WIB.

"Dalam dua hari pelaksanaan ASAFF yang diselenggarakan HKTI di Jakarta Convention Center, panitia mengacu pada prosedur dan protokol penanganan antisipasi corona," tukasnya. [JAR]