RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Letnan Jenderal (TNI) Doni Monardo mengimbau Kardinal Ignatius Suharyo untuk menunda pelantikan Uskup Ruteng, Mgr Siprianus Hormat pada Kamis (19/3).

"Selamat malam Yang Mulia Kardinal. Saya Letnan Jenderal TNI Doni Monardo, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, bermohon kepada Kardinal, sudilah menunda acara pelantikan Uskup Ruteng, demi alasan kemanusiaan," kata Doni dalam keterangan tertulisnya, Rabu (18/3) malam.

Berita Terkait : Doni Monardo Ingatkan Bahaya Virus Corona Dari Orang Terdekat

Doni menjelaskan, korban akibat Covid-19 terus berjatuhan. Penyebabnya, bukan dari orang yang sedang dirawat di rumah sakit. Tetapi oleh orang yang sehat, namun tanpa diketahui, dia sudah menjadi carrier. Membawa risiko Covid-19.

"Yang bersangkutan berpotensi sebagai penular kepada siapa saja yg berada di sekitarnya. Sangat berbahaya, bila menular kepada orang lanjut usia atau memiliki penyakit bawaan. Carrier tersebut bisa berpotensi menjadi pembunuh potensial karena bisa menyebabkan kematian," tegas Doni, dalam pesan yang ditembuskan kepada uskup dan bupati.

Berita Terkait : Doni Bentuk Satgas Relawan Perubahan Perilaku Hingga Tingkat RT

Acara penahbisan Uskup Ruteng yang akan digelar pukul 9 pagi ini, diperkirakan akan dihadiri ribuan orang. Sejumlah tokoh nasional dikabarkan telah hadir di Ruteng untuk mengikuti acara tersebut, sejak Rabu (18/3) malam. [HES]