Wabah Covid-19 Tak Bikin Terdakwa Korupsi Santai, Mereka Tetap Disidang Walau Via Vicon

Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)
Klik untuk perbesar
Ali Fikri (Foto: Tedy O Kroen/RM)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Meski sedang ada wabah Covid-19, para terdakwa korupsi tidak akan dibiarkan bernapas lega. Proses persidangan untuk mereka akan tetap digelar. Sidang akan berlangsung dengan Video Conference alias Vicon. 

KPK telah berkoordinasi dengan pihak Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat mengenai teknis persidangan tindak pidana korupsi itu. “Kami sepakat akan diupayakan persidangan digelar dengan melalui Video Conference yang prosesnya tetap berpegang pada hukum acara yang berlaku," ujar Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri, di Jakarta, Kamis (26/3). 

Berita Terkait : Cegah Penyebaran Covid-19, Bank Mandiri Sesuaikan Jam Operasional Cabang

Hari ini, tim KPK telah melakukan uji coba peralatan di PN Jakarta Pusat serta di markas komisi antirasuah itu. "Akan dilakukan persiapan lebih lanjut," imbuh Ali. 

Ali berharap, persidangan tetap bisa berjalan di tengah wabah penyebaran Covid-19. "Sehingga penyelesaian perkara Tipikor dapat dilakukan sesuai waktu yang ditentukan oleh undang-undang," tandasnya. 

Berita Terkait : Aman Dari Wabah Covid-19, Selandia Baru Wajibkan Pendatang Isolasi Diri

Sebelumnya, PN Jaksel sudah lebih dulu melakukan sidang dengan Vicon, dua hari lalu. Humas PN Jaksel Achmad Guntur mengungkapkan, dalam persidangan online itu, para pihak bersidang dari tempat masing-masing. "Misalnya tahanan berada di Rutan Cipinang, jaksa berada di kantornya, Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, sementara hakim berada di pengadilan," beber Guntur. 

Selain PN Jaksel, PN Jakut juga telah menerapkan hal yang sama pada hari Selasa (24/3). Tahanan tetap berada di dalam rutan menggunakan sarana teleconference yang disediakan, sementara majelis hakim dan jaksa berada di pengadilan. “Hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan penyebaran corona virus, yakni social distancing," Kasipenkum Kejati DKI Nirwan Nawawi. [OKT]