RMco.id  Rakyat Merdeka - Dalam paparan kinerjanya selama Triwulan I 2020 kepada jajaran Dewan Pengawas Dewas KPK, Ketua KPK Firli Bahuri mengatakan, di era kepemimpinannya, terdapat peningkatan jumlah kasus yang diselidiki selama Triwulan I 2020. Begitu juga dengan jumlah penyidikan.

Banyak perkara yang berhasil dieksekusi setelah adanya putusan majelis hakim, yang sudah berkekuatan hukum tetap atau inkracht.

Berita Terkait : Tak Terbukti, Dugaan Gratifikasi Dalam Sewa Helikopter Firli

"Kinerja penindakan dalam hal penyelidikan Triwulan l 2020 mengalami kenaikan yang cukup signifikan di angka 69. Ini naik dibanding Triwulan 1 2019, yang hanya berjumlah 43 kasus," ungkap Firli lewat siaran pers, Selasa (28/4).

Peningkatan juga terlihat dalam jumlah penangkapan pada Triwulan I 2020. Ada 8 orang yang ditangkap, dan 101 kali penyitaan yang dilakukan selama 3 bulan terakhir. Sementara dalam periode yang sama tahun lalu, hanya satu orang.

Berita Terkait : KPK Nggak Terima Alasan Firli Soal Helikopter Untuk Efisiensi

Jumlah penyidikan juga naik. Dari 30 kasus di Triwulan I tahun lalu, menjadi 34 kasus di periode ini. Sementara agenda eksekusi saat ini, totalnya ada 44 perkara. Naik satu angka, dibanding Triwulan 1 2019, yang jumlahnya 43.
 Selanjutnya