RMco.id  Rakyat Merdeka -
Kegiatan pembayaran zakat secara online oleh Presiden Jokowi beserta jajaran petinggi negara kepada Baznas yang dilaksanakan, Selasa (12/5) jadi momentum Presiden untuk mengingatkan kembali agar dana zakat dapat digunakan untuk membantu penanganan pandemi Covid-19.

"Berzakat merupakan kewajiban setiap umat Muslim untuk berbagi rejeki, berbagi kebahagiaan, dengan saudara-saudara kita utamanya para mustahik. Saya berharap dana zakat yang dihimpun oleh Baznas dapat digunakan untuk membantu saudara kita yang mengalami kesulitan dampak dari pandemi Covid-19," ucap Jokowi.

Berita Terkait : Jokowi Minta Sektor Pertanian Terus Dijaga

Seiring dengan dukungan Presiden Jokowi, Ketua Baznas, Prof. Dr. Bambang Sudibyo menjelaskan dalam kondisi darurat Covid-19, penyaluran zakat, infak, dan sedekah serta dana sosial keagamaan lainnya yang dikelola Baznas Pusat saat ini memang difokuskan untuk membantu penanganan Covid-19. Baik bantuan kesehatan maupun bantuan sosial dan ekonomi.

Program mustahik darurat kesehatan meliputi penyemprotan disinfektan dan penyediaan wastafel sehat di berbagai fasilitas publik, pembagian masker, penyediaan APD untuk tenaga medis, penyediaan ventilator dan pembangunan ruang isolasi di rumah sakit. 

Berita Terkait : Jokowi Pastikan Penataan Labuan Bajo Sesuai Target

“Sementara program bantuan mustahik darurat ekonomi meliputi pembagian paket logistik keluarga, program cash for work, penyaluran zakat fitrah yang telah dilakukan sejak awal bulan Ramadhan, dan pembagian bantuan tunai kepada para mustahik dengan cara transfer dan wesel pos,” tutur Bambang. 

Selama pandemi Covid-19, lanjut Bambang, mustahik darurat kesehatan memperoleh porsi 72 persen dari total penyaluran ZIS dan DSKL, mustahik darurat ekonomi memperoleh 25 persen. Sementara pelaksanaan program yang sudah ada sebelum pandemi hanya memperoleh alokasi 3 persen.

Berita Terkait : Puan Bangga Pakai Batik

Agar tidak melanggar protokol penanganan Covid-19, penyaluran dilakukan dengan push approch yakni dengan mengunjungi mustahik dan bukan pull approach atau mengumpulkan mustahik yang beresiko menimbulkan kerumunan. 

“Baznas berkomitmen untuk terus berjuang membantu pemerintah lewat pengelolaan dana Zakat, Infak, dan Sedekah lewat program yang telah dijalankan untuk penanganan Covid-19. Semoga Allah senantiasa melimpahkan keimanan yang kokoh, kesehatan yang terjaga serta kekuatan bagi Presiden, Wakil Presiden dan seluruh jajaran pemimpin negeri ini dalam melalui ujian Covid-19,” tutup Bambang. [KRS]