Patuhi Protokol Kesehatan, Ma’ruf Amin Tak Akan Gelar Open House

Wakil Presiden Maruf Amin/IG
Klik untuk perbesar
Wakil Presiden Maruf Amin/IG

RMco.id  Rakyat Merdeka - Idul Fitri 1441 Hijriah tahun ini sangat berbeda. Berlangsung di tengah pandemi Covid-19. Karena itu, tak seperti tahun sebelumnya, Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin tak akan menggelar open house untuk bersilaturahmi dengan masyarakat.

“Wapres tidak open house tahun ini karena kita sedang menghadapi pandemi Covid-19," ujar Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi dalam keterangannya, Jumat (22/5).

Cak Duki, sapaan Masduki Baidlowi, mengatakan, Wapres tidak bisa melaksanakan acara rutin tahunan bertatap muka dengan publik melalui open house lantaran mematuhi protokol kesehatan demi mencegah penularan Covid-19.

Berita Terkait : Anies Tidak Mau Setengah-setengah

Selain itu, kunjungan keluarga di rumah dinas juga akan dibatasi. Cuma keluarga inti saja yang boleh masuk. Kunjungan akan dilakukan secara bergantian demi menjaga jarak dengan mematuhi protokol kesehatan yang sangat ketat. 

“Diatur ketat, tidak bareng-bareng dan itu hanya keluarga inti saja. Anak pun semua diatur agar bergantian dan terperiksa dengan baik," terangnya.

Kiai Ma'ruf, lanjut Cak Duki, juga tidak akan mudik ke Serang. Cak Duki juga memastikan Kiai Ma'ruf akan melangsungkan Salat Idul Fitri di rumah dinasnya di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat. 

Berita Terkait : Ini Protokol Kesehatan di Pintu Masuk Negara dan Kawasan PSBB

“Pak Wapres besok Salat Idul Fitri di kediaman Wapres, di rumah dinas Diponegoro," ucapnya.

Mewakili Kiai Ma'ruf, Cak Duki meminta maaf sebesar-besarnya karena suasana Lebaran kali ini berbeda dari biasanya.

“Saya kira kita maklumi karena harus melaksanakan protokol kesehatan sebagaimana yang telah disosialisakan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19," kata Cak Duki.

Berita Terkait : Manggala Agni LHK Patuhi Protokol Kesehatan Dalam Pencegahan Karhutla

Di luar hal tersebut, Cak Duki menyatakan, Wapres selama Ramadhan dan pandemi ini senantiasa mematuhi berbagai protokol kesehatan seperti physical distancing, rajin mencuci tangan, memakan makanan bergizi, cukup istirahat, menjaga kesehatan spiritual hingga menggunakan masker. 

Kiai Ma'ruf juga tetap aktif melakukan kegiatannya sehari-hari dari mulai olahraga hingga menghadiri rapat kabinet secara virtual.

“Selama sebulan ini saya kira penuh, di luar libur ya. Malah di hari libur pun kadang masih rapat bersama para menteri dan presiden," pungkas Cak Duki. [FAQ]