Mahfud MD: Kalau Terpaksa Halal Bi Halal Dengan Keluarga Inti Saja

Menkopolhukam Mahfud MD
Klik untuk perbesar
Menkopolhukam Mahfud MD

RMco.id  Rakyat Merdeka - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD kembali mengimbau umat Islam di Indonesia melaksanakan Salat Idul Fitri 1441 Hijriyah di rumah masing-masing. Tidak di masjid atau lapangan seperti tahun-tahun sebelumnya saat tak ada pandemi.


"Dalam suasana pandemi Covid-19 ini, mari kita laksanakan sholat Id dan berhalal bihalal di rumah dengan jumlah orang yang terbatas," kata Mahfud melalui sebuah video di Jakarta, Jumat (22/5).

Berita Terkait : Mahfud Jawab Pertanyaan Soal Kegiatan Masjid Dilarang Tapi Mall Dan Bandara Tetap Ramai

Disebutkan Mahfud, seruan untuk Salat Id di rumah sudah dilakukan oleh ormas Islam lain seperti Majelis Ulama Indonesia (MUI), Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama (NU). 

Anjuran Salat Id di rumah juga tidak hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di Arab Saudi dan negara lain.

Berita Terkait : Menag: Shalat Id di Rumah Saja Bareng Keluarga Inti

"Masjid suci yang ada di Makkah dan Madinah, yaitu Masjidil Haram dan Nabawi, juga ditutup demi menyelamatkam kaum Muslimin dari penularan Covid-19," tuturnya.

Oleh karena itu, meski Salat Id dilakukan di rumah, halal bi halal dibatasi karena pandemi, namun Idul Fitri tetap akan bermakna bagi siapapun saja yang menjalaninya dengan ikhlas.

Berita Terkait : Terlalu Dikekang, Rakyat Bisa Stres

"Halal bihalal tidak harus berkerumun, tetapi juga bisa melalui virtual atau kalau harus terpaksa bertemu dengan keluarga inti saja, membatasi waktu dan tetap jaga jarak," imbau Mahfud. [FAQ]