RMco.id  Rakyat Merdeka - Protes terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Haluan Ideologi Pancasila (HIP) terus bermunculan. Persaudaraan Alumni (PA) 212 yang belakangan sepi dari aksi, kini seperti dapat nyawa lagi. Bahkan di media sosial sudah ramai poster ajakan turun ke jalan yang diinisiasi PA 212.

Sejak pandemi Covid-19 melanda tanah air, PA 212 ‘puasa’ demo. Terakhir, perkumpulan yang diinisiasi Rizieq Shihab itu menggelar aksi di Kedutaan Besar India, Jumat 6 Maret lalu. Setelah itu, PA 212 nyaris tidak pernah lagi terpantau turun ke jalan melakukan aksi protes dan pengerahan massa.

Baca Juga : Menteri Teten: UMKM Harus Kuasai Bisnis Digital dengan Cepat

Kini, setelah Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan maklumat penolakan RUU HIP, PA 212 ‘hidup’ lagi. Alasan penolakan, karena RUU HIP dicurigai untuk membangkitkan kembali PKI.

Poster seruan bersama FPI, GNPF ulama dan PA 212 untuk mendukung maklumat MUI tersebut pun menyebar cepat di dunia maya. “Wahai umat Islam, Bangkit dan Bersatulah. Siapkan Diri untuk Jihad melawan Neo PKI,” bunyi salah satu penggalan seruan di poster tersebut.

Baca Juga : Peneliti CIPS : RAPBN 2021 Harus Fokus Pada Pemulihan Ekonomi

Di bawah poster tersebut, tampak jejeran foto tokoh FPI, GNPF ulama dan PA 212, antara lain Habib Rizieq Shihab, KH Ahmad Sobri Lubis (Ketua Umum DPP FPI), Yusuf Muhammad Martak (Ketua GNPF Ulama), dan Slamet Maarif (Ketua PA 212).

Benarkah isi poster tersebut? Ketua Umum DPP FPI Ahmad Sobri yang dikonfirmasi, mengaku belum tahu persis apa maksud dari seruan bersama poster tersebut. Apakah akan melakukan aksi turun ke jalan atau seperti apa? “Saya enggak tahu. Kalau ada aksinya enggak paham saya,” kata Ahmad Sobri, singkat ketika dikontak Rakyat Merdeka kemarin.

Baca Juga : Pengamat: Kinerja Jaksa Agung Terbuka dan Sesuai Harapan Publik

Sejauh ini, FPI memang tidak banyak berbicara soal RUU HIP ini. Adalah PA 212 yang terbilang cukup vokal menyuarakan penolakan.

Di medsos, Juru Bicara PA 212 Haikal Hassan aktif mencuitkan penolakan terhadap RUU HIP. “Udah deh.. Cukup.. Stop.. Semua kekuatan ummat telah menyatu utk tolak RUUHIP. Hentikan.. Berhenti..,” tulis @haikal_hassan, dengan menautkan link berita yang berjudul: NU, Muhammadiyah dan MUI Kompak Tolak RUU HIP.
 Selanjutnya