RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri menyatakan, komisi antirasuah sangat membutuhkan peran Polri dalam upaya memberantas korupsi.

"Peran serta dan sinergitas seluruh elemen bangsa khususnya lembaga penegak hukum di negeri ini, termasuk dari Korps Bhayangkara, jelas sangat dibutuhkan KPK," ujar Firli dalam rilis yang dikirimkan kepada wartawan, Rabu (1/07).

KPK, lanjut eks Kapolda Sumatera Selatan ini, tidak dapat berdiri sendiri dalam menjalankan fungsi, tugas, dan kewajibannya sebagai lembaga pemberantas korupsi.

"Ibarat pepatah menegakkan benang basah, berbicara perihal penegakan hukum, khususnya pemberantasan korupsi. KPK tentunya tak dapat berdiri sendiri namun perlu bersinergi dengan aparat penegak hukum yang lainnya," tuturnya.

Berita Terkait : Firli, Malu Ya?

Firli mengungkapkan, komisinya dan Kapolri Jenderal, Idham Azis sudah menyepakati tiga fokus isu yang harus dikerjakan bersama.

Fokus itu merujuk pada Perpres Nomor 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi.

Fokus pertama adalah sinergi KPK dalam tata niaga dan pelayanan publik. Kedua tentang pengelolaan negara, dan fokus ketiga terkait penegakan hukum dan reformasi birokrasi.

Jenderal polisi bintang tiga itu pun menilai, peringatan Hari Bhayangkara perlu dimaknai dalam upaya pemberantasan korupsi.

Berita Terkait : Hari Pelanggan Nasional, Komut dan Dirut Pertamina Sapa Pelanggan Pertashop Sampai Pelosok

"Hari Bhayangkara seyogyanya juga diisi dengan aksi pemberantasan korupsi, sebagai bentuk pengabdian diri kepada Ibu Pertiwi. Semoga semangat Hari Bhayangkara yang memiliki nilai-nilai suci penuh arti tanpa korupsi, selalu mewarnai tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara," tandasnya.

Upacara dilakukan dari istana negara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi dan dihadiri pula oleh Wapres Maruf Amin.

Upacara ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena mengingat wabah penyebaran covid 19.

Kegiatan upacara peringatan hari Bhayangkara juga dilakukan secara daring oleh para pejabat di Kementerian/Lembaga di kantor masing-masing sebagai bentuk pencegahan penyebaran wabah Covid-19.

Baca Juga : GM FKPPI Siap Jadi OKP yang Andalkan Otak

Pada peringatan HUT Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif. (OKT)