RMco.id  Rakyat Merdeka - Bupati Merauke, Papua, Frederikus Gebze tak ragu mengucap rasa terima kasih kepada pemerintah. Pemerintahan Jokowi-KH Ma'ruf Amin dianggap berhasil membangun infrastruktur, utamanya menghadirkan listrik di Bumi Papua.

"Kami menyampaikan apresiasi dan penghargaan kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Joko Widodo, dan seluruh jajaran kabinetnya. Terutama, Kementerian ESDM karena telah berhasil melakukan pembangunan. Telah melistriki Papua, Papua Barat, dan wilayah Indonesia lainnya," ujar Frederikus Gebze, melalui sebuah webinar, bertajuk "Elektrifikasi di Tanah Papua, Langkah Konkret Wujudkan Keadilan Energi", Jumat (17/7).

Berita Terkait : Korni: Kemarahan Jokowi Jadi Cambuk Bagi Menteri Kerek Kinerja

Kegiatan tersebut digelar oleh elemen mahasiswa lintas kampus, dan ditayangkan secara live di channel youtube Agama Akal TV.

Ketua acara diskusi, mahasiswa Pascasarjana Universitas Paramadina, Khairi Fuady menjelaskan, diskusi ini digelar dalam rangka memberikan pencerahan kepada publik tentang proses pembangunan di Papua.

Baca Juga : Tito: Jangan Pilih Cakada yang Bikin Konvoi dan Iring-iringan di Tengah Pandemi

"Hal ini penting dilakukan, agar anak bangsa tidak terus-terusan terseret oleh isu negatif dan berbagai propaganda miring soal Papua," katanya.

Sementara Pemerhati Ekonomi Politik dan Kandidat Doktor Universitas Zhongnan, China, Arif Taufik mengamini kelistrikan di Papua sudah membaik.

Baca Juga : Pembangunan Daerah Jangan Cuma Bergantung Sama APBD

"Khusus Papua dan Papua Barat, di tahun 2015, capaian elektrifikasi masih 45,9 persen. Namun, dalam kurun waktu 5 tahun pemerintahan, Pak Jokowi (bersama Kementerian ESDM) mampu mengejar rasio elektrifikasi di Papua dan Papua Barat menjadi 99,3 persen", ungkapnya. BSH]