RMco.id  Rakyat Merdeka - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum memberikan bantuan pertanian di Pondok Pesantren Miftahul Ridwan, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang, Jawa Barat, Sabtu, (18/7/2020).

Bantuan ini sesuai dengan program yang ada yakni, Santri Tani (Santani) Jabar Juara.

Uu mengatakan program Santani harus ditingkatkan guna meningkatkan kemandirian ekonomi dalam upaya membangun pondok pesantren.

Berita Terkait : Ridwan Kamil Tunggu Rp 2,6 Triliun Untuk Cegah Covid-19 Di Pesantren

Dengan begitu, pesantren tidak melulu bergantung pada bantuan dari pemerintah atau orang tua santri.

"Kiai butuh tetap di pesantrennya, murobatoh sebagai figur dan sebagai orang tua para santri," kata Uu di Bandung, Sabtu, (18/7/2020).

Uu berharap, pondok pesantren Miftahul Ridwan bisa lebih berkembang dan memanfaatkan ilmu bertani. Selain itu, Santani memiliki legalitas formal dari Pemda Subang.

Berita Terkait : Wagub Jabar Uu : Pemkab Tasikmalaya Cepat Ambil Tindakan Dan Cari Solusinya

"Yang kedua pelatihan, pertanian apa yang cocok di sini. Lalu yang ketiga, bagaimana cara pengemasan produk tani yang baik dan menarik," kata Uu.

Sosok yang juga Panglima Santri Jabar ini memulai program Santani Jabar Juara disokong melalui kolaborasi antara pemerintah daerah provinsi, kabupaten / kota, dan pesantren.

Selain itu, Uu pun berharap program Santani di Jabar mampu memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar pondok pesantren.

Baca Juga : Dana PEN Koperasi dan UKM Terserap Rp 10,24 T

"Jadi ilmu yang mengeluarkan ukhrawi yang diberikan pada masyarakat bukan hanya iman dan takwa. Kini juga harus melebar, diberikan peluang-peluang ekonomi, peluang-peluang kehidupan dari pondok pesantren," tambah Uu. [D.R]