RMco.id  Rakyat Merdeka - Di panggung politik saat ini, ada satu “pemeran” yang lagi ngehit. Namanya: Rocky Gerung. Katanya ahli filsafat. Tapi juga pengamat politik. Dia dikenal pandai mengolah kata-kata. Padahal, apa yang disampaikannya belum tentu benar. Kenapa Rocky jadi beken begini?

Pengamat Filsafat Politik Reza Wattimena mengakui, popularitas Rocky Gerung turut didukung oleh rendahnya mutu pendidikan masyarakat. "Masyarakat sangat mudah terpesona oleh hal-hal yang tidak esensial atau substansial,” jelas Reza dalam diskusi ‘Membongkar Sodomi Akal Sehat Rocky Gerung’ di D’Consulate Cafe, Jalan Wahid Hasyim, Jumat (1/3).

Pemimpin Redaksi Kompas. com Wisnu Nugroho dan Faizal Assegaf ikut hadir sebagai pembicara. Menurut Wisnu, fenomena Rocky Gerung adalah kebenaran yang diperdagangkan dan dipertentangkan. “Kita sedang menghadapi yang namanya kebenaran yang sedang diperdagangkan dan dipertentangkan,” ucap Wisnu.

Dia berharap, media jangan ikut-ikutan dalam konteks itu. Media harus menjernihkan apa yang sedang diperdagangkan dan dipertentangkan. Caranya, memberikan dan menyampaikan kebenaran.

Sementara, Faizal Assegaf dengan lantang menilai Rocky Gerung anomali. Karena Rocky Gerung saat ini suka mendungu-dungukan pihak lain yang berbeda pendapat, merendahkan orang lain yang tidak sehaluan dan menistakan lawan-lawan bicara. Dengan nada mencibir, Faizal menganggap apa yang dilakukan Rocky Gerung tidak lebih dari “sodomi akal sehat”.

Baca Juga : Innalillahi, Twitter IDI Penuh Kabar Dukacita

Sebab, narasi yang diciptakannya di berbagai media sosial dan tayangan televisi, khususnya di Indonesia Lawyer Club (acara yang dipandu Pemimpin Redaksi TV One, Karni Ilyas), di luar kepatutan sosial dan politik yang hidup di negeri ini. Semua narasi yang disampaikan Rocky Gerung ke ruang publik, kata Faizal, cenderung merendahkan orang.

Menanggapi hal itu, Rocky  tak mau merespon berlebihan. Di akun Twitter-nya, Rocky hanya menyentil dengan kalimat pendek. “Sosis Part-2,” tulisnya.

Isu mengenai Rocky selalu menjadi perhatian warganet. Di Instagram, misalnya. Banyak warganet yang saling menyerang Rocky Gerung maupun Faizal Assegaf. Nugra71 termasuk yang membela Faizal Assegaf dan menyerang Rocky Gerung. Kata dia, Rocky Gerung pantas untuk direndahkan. “Siapa yang merendahkan maka dia akan rendah dengan sendirinya,” katanya.

Dukungan kepada Faizal Assegaf juga datang dari arieignatius77. “Mantap bang, lanjut bongkar semua aja tuh orang sombong dan songong Rocky Gerung,” ujarnya ditimpali julievan26. “Iya saya juga setuju, kupas tuntas siapa Rocky Gerung itu. Biar islamnya gak pada belok,” dia menyarankan.

Cije7 menganggap, perlu ada pihak yang memberikan pemahaman kepada masyarakat, bahwa apa yang disampaikan Rocky Gerung tidak sepenuhnya benar. Dia khawatir, jika dibiarkan, masyarakat akan semakin terkontaminasi pemikiran Rocky Gerung yang ngawur.

Baca Juga : Takut Covid-19, Barca vs Napoli Bakal Mentas di Portugal

“Gitu dong bang... Akhirnya ada akademisi filsafat tulen yang berbicara. Masak selama berbulan-bulan nggak ada akademisi filsafat lain yang berbicara... Seakan-akan yang jago berfilsafat hanya si Rocky Gerung saja," ujar radityabachsal.

Lanjut, mohamad.aldira mengapresiasi sikap Faizal Assegaf yang mengkritik Rocky Gerung. Bahkan, ia menganggap Faizal Assegaf keren karena berani menangkis pemikiran ngawur dari Rocky Gerung. “Memang menurut saya apa yang disampaikan Rocky Gerung dengan bahasa yang sarkastik, penuh caci makian & pelecehan yang difasilitasi dan diorbitkan oleh ILC-TV One sudah sangat keterlaluan".

Begitupun dengan reghy123, yang berpendapat bahwa Rocky sebagai penganut sofisme sesat, di mana mereka menggunakan kepandaian dan keterampilan mereka untuk memutarbalikkan kebenaran-kebenaran dan moralitas kehidupan. “Punya otak tapi gak punya hati, sekalinya punya hati ehh ternyata busuk... Emmm otaknya juga sudah busuk,” kritiknya keras.

Berbeda, didanpriyanto justru membela Rocky Gerung dan menyerang Faizal Assegaf. “Kasian lu, gak laku nyerang pribadi orang, makanya otak ente dipake jangan mikirin radikal mulu,” katanya menyindir Faizal.

Algozie menyarankan Faizal untuk berdebat secara langsung dengan Rocky Gerung. “Debat langsung tatap muka sama Rocky Gerung jangan beraninya keroyokan dari belakang,” tantangnya.

Baca Juga : PM Inggris Ogah Dipaksa Gelar Lockdown Lagi…

Senada, tonihidayat75 juga menganjurkan kepada Faizal Assegaf mengundang Rocky Gerung untuk berdebat. “Jangan ngomongin dari belakang. Apa bedanya acara itu dengan infotainment gosip. Tunjukkan kejantananmu, debat langsung dengan Rocky Gerung,” katanya.

Sakati Abraham @AbrahamSakati mengatakan, pengambilan kata “Sodomi” dalam tema diskusi soal Rocky Gerung itu, sudah memperlihatkan jika Faizal tidak mempunyai narasi yang baik. “Juga membuktikan jika Faizal gak punya kemampuan beretorika,” tutupnya. [REN]