RMco.id  Rakyat Merdeka - Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta mulai merealisasikan janji dan komitmennya untuk mengembalikan dana para anggotanya. Mulai Selasa (1/9), sejumlah anggota mendatangai kantor KSP Indosurya untuk mencairkan dananya. Terhadap hal ini, nasabah mengapresiasi komitmen pelaksanaan homologasi sesuai putusan Pengadilan Niaga dalam perkara Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Elna, salah satu anggota, mengapresiasi KSP Indosurya yang merealisasikan komitmen mengembalikan dana nasabah dengan  secara angsur atau cicil.  Menurut dia, pencairan adalah hal yang tepat dilakukan, apalagi kini tengah pandemi Covid-19.

“Kalau itikad baik, kita sambut baik. Saya cukup terbantu dengan itikad baik dibayar 2 tahun,” tutur Elna di Grha Surya Kuningan.

Sebenarnya, Elna sempat ragu mau datang ke Grha Surya untuk mencairkan dananya. Kemudian, dia meneguhkan diri untuk melihat realisasi pencairan. Dia mengaku senang, pencairan benar dilakukan. Pembayaran yang dilakukan secara mengangsur, diakuinya adalah wajar.  

Berita Terkait : Selama September, 1.150 Anggota KSP Indosurya Sudah Cairkan Dana

Sementara, nasabah Dwi Darmawati juga mengaku sangat senang dananya bisa dikembalikan oleh KSP Indosurya. Meski diangsur, dia mengakui itikad baik terlihat dari pencairan itu.  

Dwi merasa terbantu dengan pencairan dana ini. Makanya, dia berharap KSP Indosurya tetap kembali beroperasi normal ke depannya meskipun saat ini dilanda cobaan, jangan sampai Indosurya jatuh. Lalu, Dwi akan simpan dana ini untuk tunjangan hari tua alias pensiun.

“Saya berharap ke depan mereka bisa lebih bangun dan normal lagi. Sayang aja kalau sampai jatuh, tak berlanjut. Rencananya dana pengembalian ini saya simpan saja untuk hari tua,” jelas dia.

Nasabah lain, Riki, juga mengaku pencairan ini jelas menunjukkan keseriusan dari KSP Indosurya. Ia juga berharap operasional KSP Indosurya kembali normal.

Berita Terkait : Kalangan Lansia Cairkan Dana Di KSP Indosurya

“Kelihatannya sudah mulai serius, ini kan baru tahap awal dan masih panjang. Saya harap kalau bisa diberesin semuanya. Tinggal konsisten dan keseriusan tiap bulannya,” kata Riki.

Pengurus KSP Indosurya Cipta, Sonia, mengatakan mulai hari ini memang pengurus membuka pengembalian dana nasabah. Dia menguraikan, pada awal ini dilakukan pembayaran terhadap dana anggota yang  di bawah Rp 500 juta secara angsur selama 2 tahun.

“Ini bentuk komitmen KSP Indosurya. Jadi kita realisasikan dalam bentuk pembayaran dari mulai hari ini, Selasa 1 September 2020. Ini angsuran di bawah Rp 500 juta dan dicicil selama 24 bulan,” tandasnya. 

Sebelumnya, Majelis Hakim Pengadilan Niaga memutus pengesahan homologasi perkara PKPU antara Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya Cipta dengan para kreditor di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Jumat (17/7/2020).

Baca Juga : Tenang, Kunci Pasien Covid-19 Cepat Sembuh

Pengesahan adalah peresmian perdamaian antara kreditor dengan KSP Indosurya. Dengan begitu, KSP Indosurya sebagai debitor akan menjalani perjanjian perdamaian yang ditawarkan kepada para kreditor.

Di persidangan, Majelis hakim Pengadilan Niaga memutus pengesahan homologasi perkara PKPU antara Indosurya Cipta dengan para kreditor berdasarkan hasil voting yang dihadiri 4.724 anggota mewakili 1,1 juta anggota lainnya dilakukan pada Kamis (9/7). [REN]