RMco.id  Rakyat Merdeka - Inovasi uji Covid-19 dengan kualitas setara swab test atau tes PCR (Polymerase Chain Reaction), akan segera hadir. Hanya dengan hembusan napas melalui alat bernama GeNose, seseorang akan terdeteksi, apakah positif Covid atau tidak.

Inovasi keren dari Universitas Gadjah Mada (UGM) ini bekerja secara cepat dan akurat, dalam mendeteksi Volatile Organic Compound (VOC), yang terbentuk karena adanya infeksi Covid-19 yang keluar bersama nafas seseorang.

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Nafas diindera melalui sensor-sensor dan kemudian diolah datanya dengan bantuan kecerdasan buatan (artificial intelligence), untuk pendeteksian dan pengambilan keputusan.

Selain unsur kecepatan dan keakurasian, GeNose didesain sangat handy. Sehingga, dapat dioperasikan oleh seseorang secara mandiri dan efisien.

Baca Juga : RUU Cipta Kerja Semoga Tidak Ciptakan Petaka

GeNose merupakan inovasi pertama di Indonesia untuk mendeteksi Covid-19 melalui hembusan nafas, yang aplikasinya terhubung dengan sistem cloud computing untuk mendapatkan hasil diagnosis secara real time.

Hebatnya, GeNose juga mampu bekerja secara paralel, melalui proses diagnosis yang tersentral di dalam sistem. Sehingga, validitas data dapat terjaga untuk semua alat yang terkoneksi.

Baca Juga : Hakekat Pamong Dan Prajurit

Data yang terkumpul di dalam sistem, selanjutnya dapat dimanfaatkan untuk keperluan pemetaan, pelacakan dan pemantauan penyebaran pandemi secara aktual.
 Selanjutnya