RMco.id  Rakyat Merdeka - Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyita tanah dan bangunan yang diduga merupakan milik eks Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa, Senin (14/9). Penyitaan dilakukan terkait penyidikan kasus Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) yang menjerat Mustofa sebagai tersangka.

Tanah dan bangunan seluas 31.815 m2 itu terletak di Kelurahan Soak Baru Kecamatan Sekayu, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

Berita Terkait : Dirut PT CMIT Dituntut 7 Tahun Penjara dan Bayar Uang Pengganti Rp 60 Miliar

"Tanah dan bangunan tersebut merupakan Aset PT Musi Karya Perkasa dengan SHM nomor 00281 atas nama Ahmad Syamsu Wirawan," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Selasa (15/9).

Ahmad Syamsu Wirawan, disebut Ali, masih memiliki ikatan keluarga dengan Mustofa. "Tanah ini diduga dibeli oleh tersangka MKP (Mustofa Kamal Pasha) pada tahun 2015," bebernya.

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Di tanah itu dibangun mess, kantor, pagar, beserta fasilitas di dalamnya untuk mendukung kegiatan usaha AMP-hotmix PT Musi Karya Perkasa yang mengerjakan proyek jalan pada dinas PUPR Kabupaten Musi Banyuasin tahun 2015. "Adapun estimasi nilai aset saat ini mencapai lebih kurang Rp 3 miliar," imbuh Ali.

Penyitaan yang ditandai dengan pemasangan plang sita disaksikan Lurah Soak Baru dan Ketua RW setempat, serta didampingi oleh petugas BPN Kabupaten Muba dan petugas Rupbasan Palembang.
 Selanjutnya