RMco.id  Rakyat Merdeka - Mantan Bupati Indramayu yang juga menjadi terpidana kasus korupsi, Supendi dinyatakan positif Covid-19. Hal itu diketahui dari hasil tes swab yang dijalani Supendi bersama sejumlah napi lainnya di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat pada Rabu (9/9) pekan lalu.

"Belakangan saya bikin kebijakan swab, ternyata ditemukan ini (Supendi positif, Red)," ungkap Kalapas Sukamiskin Thurman Hutapea, Rabu (16/9).

Berita Terkait : Bupati Rokan Hilir Suyatno Kena Covid

Menindaklanjuti hasil tes itu, Supendi kini menjalani isolasi di RS Hermina Bandung, untuk menghindari kontak dengan warga binaan pemasyarakatan (WBP) lainnya di Lapas Sukamiskin.

Sebelumnya, Lapas Sukamiskin juga melakukan rapid test kepada seluruh napi. Hasilnya, semuanya dinyatakan non reaktif Covid-19.

Baca Juga : Eks Bos Humpuss Transportasi Kimia Taufik Agustono Didakwa Suap Bowo Sidik

Supendi divonis Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Bandung dengan 4,5 tahun penjara plus denda Rp 250 juta, karena menerima suap terkait pengerjaan proyek infrastruktur di lingkungan Pemkab Indramayu.

Selain itu, dia juga dijatuhi pidana tambahan berupa kewajiban membayar uang pengganti sebesar Rp 1,08 miliar subsider 1 tahun penjara.

Baca Juga : KPK Bantu Kemensetneg Tertibkan Aset Senilai Rp 571,5 Triliun

Supendi pun dijatuhi hukuman tambahan berupa pencabutan hak dipilih dalam pemilihan jabatan publik/pejabat negara,  selama 2 tahun. Lebih lama dari pidana pokoknya.

Jaksa Penuntut Umum di Komisi Pemberantasan Korupsi (JPU KPK) mengeksekusi Supendi ke Lapas Sukamiskin pada Selasa (28/7). [OKT]