Sebelumnya 
Sekretaris Dishub Kota Bandung, Agung Purnomo, yang dihubungi mengatakan, bahwa pihaknya tengah melakukan kajian penyusunan draft Perwal sebagai implementasi dari penerapan Permenhub PM Nomor 59 Tahun 2020 di Kota Bandung.

Berita Terkait : Minim Anggaran, Sejumlah Taman Kota Bandung Tak Terawat

"Penerapan Permenhub 59/2020 memang baru sebagian yang telah kami laksanakan, khususnya berkaitan dengan penyediaan lajur khusus sepeda di Kota Bandung," ujarnya.

Baca Juga : TNI Diminta Siap Hadapi Perang Nubika

Agung menambahkan, selain jalur khusus, ketersediaan sarana khusus penyimpanan sepeda pun sudah pernah dilakukan pembahasan dengan para komunitas sepeda di Kota Bandung, akan tetapi tindak lanjut dari penerapan marka jalan khusus di jalur sepeda memang belum dilakukan pembahasan.

Baca Juga : Ini Usulan Hadapi Klaster Keluarga  

Perlu ada koordinasi dengan pihak yang berwenang dalam pemeliharan ruas jalan. "Penerapan marka jalan di jalur sepeda yang saling terintegrasi memang belum dapat diputuskan, dimana lokasinya sebab perlu koordinasi dengan pihak yang berwenang dalam hal pemeliharan ruas jalan, baik jalan milik kota, provinisi maupun pusat," pungkas Agung. [DR]