RMco.id  Rakyat Merdeka - Program Langit Biru yang digaungkan PT Pertamina mendapat dukungan dari banyak kalangan, terutama dari komunitas otomotif. Salah satunya, Indonesian Black Car Community (IBCC). 

Para anggota IBCC selalu menggunakan BBM dengan oktan tinggi, seperti Pertamax maupun Pertamax Turbo. Komitmen itu diterapkan karena para anggota IBCC menjunjung tinggi motto “Go Green”. 

Berita Terkait : Inovasi Pertamina Lubricants Perkuat Bisnis Saat Pandemi

“Kami menggunakan BBM dengan kadar oktan yang tinggi seperti Pertamax dan Pertamax Turbo, sesuai kebutuhan kendaraan masing-masing,” ujar Ketua Umum IBCC Agustinus Supratikno, dalam acara “Ngobrol Virtual Bareng Komunitas” yang digelar PT Pertamina.  

Kata Agustinus, dengan kadar oktan tinggi, gas buang atau emisi lebih ramah lingkungan, juga sejalan dengan motto IBCC Go Green. Para member IBCC sudah paham bahwa dengan menggunakan BBM dengan oktan tinggi dapat mengurangi emisi gas buang kendaraan. Jadi, wajar bila mereka tak pernah menggunakan BBM jenis Premium.

Berita Terkait : Pertamina Takut Rugi Lagi

Sebelum ada pandemi Covid-19, anggota komunitas IBCC ini kerap menggelar kegiatan touring ke berbagai daerah. Uniknya, selama touring, mereka meninggalkan jejak hijau dengan menanam bibit pohon. Kegiatan itu dilakukan untuk menambah keasrian lokasi yang dilintasi sekaligus mengukir sejarah bagi generasi mendatang, agar lebih peduli lingkungan.  

Ketua Umum Toyota Yaris Club Indonesia (TYCI) Febi Rosseva juga menilai program Langit Biru Pertamina sangat positif untuk mengedukasi dan menyadarkan masyarakat pentingnya memilih BBM yang berkualitas. Menurut Febi, masyarakat sudah memahami pentingnya BBM berkualitas, namun masih perlu ditingkatkan lagi. Untuk itu, perlu dilakukan edukasi. Salah satunya melalui diskusi bersama komunitas otomotif yang memiliki anggota di seluruh Indonesia. TYCI memiliki 3.239 anggota aktif di seluruh Indonesia.     

Berita Terkait : Kualitas Udara Memburuk, Pertamina Dorong Program Langit Biru di Tangsel

“TYCI siap membantu untuk mengampanyekan program ini. Karena sebagai komunitas, bagian kecil dari masyarakat, diharapkan bisa membantu mengedukasi pentingnya efek bahan bakar berkualitas terhadap lingkungan,” ujarnya. 

Unit Manager Communication Relations & CSR MOR III Eko Kristiawan mengatakan, Pertamina terus mendorong penggunaan BBM berkualitas. Terutama Pertalite dengan Research Octane Number (RON) 90, serta Pertamax RON 92 dan Pertamax Turbo RON 98. Diharapkan, dengan menggalakkan pemakaian BBM berkualitas ini, program Langit Biru ini bisa mewujudkan kualitas udara yang lebih baik, sehingga lingkungan lebih sehat. [USU]