RMco.id  Rakyat Merdeka - Sudah tujuh bulan Virus Corona (Covid-19) melanda Indonesia. Hingga kini masih belum ada tanda-tanda kapan virus itu akan berakhir.

Berdasarkan data pemerintah, kemarin, jumlah kasus Covid-19 di Indonesia sudah mencapai 295.499 orang, terhitung sejak diumumkannya pasien pertama pada 2 Maret 2020.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito tidak bisa memprediksi puncak kasus Corona di Indonesia. Menurut dia, itu tergantung kepatuhan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan.“Kalau kita ditanya kapan angkanya tertinggi dan kemudian turun? semua tergantung pada kita sendiri.

Berita Terkait : Cegah Covid-19 Pakai Masker Yang Benar

Angka ini akan turun pada saat perilaku di masyarakat semuanya kompak menjalankan protokol kesehatan, bergotong-royong,” kata Wiku, kemarin.

Namun, apabila masyarakat mengabaikan protokol kesehatan, maka angka kasus Covid-19 akan kembali naik.

Wiku mengingatkan, masyarakat harus disiplin terhadap protokol kesehatan agar Corona dapat ditekan. Mulai dari mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, dan menjaga jarak minimal satu meter.

Berita Terkait : Masih Ada RS Tidak Jalankan Kepmenkes

Kemudian, masyarakat diminta tidak berkerumun. sebab hal itu berpotensi memicu penularan Corona.“Mari kita perangi Covid ini dengan baik dan kita betul-betul bisa menekan kasus ini secara terus menerus tanpa lengah sehari pun,” katanya.

Wiku menuturkan, tingginya penambahan kasus harian Covid-19 akhir-akhir ini disebabkan tingkat penularan yang tinggi di masyarakat. untuk itu, dia meminta ma syarakat yang masih tak percaya Covid-19 sadar betapa bahayanya virus ini.“Ini bukan hoaks, ini kenyataan. tak ada yang kebal dari penyakit ini. Mohon untuk memahami kondisinya, menjalankan protokol ke-sehatan,” jelas Wiku.

Selain itu, Wiku juga mengatakan, pemerintah telah mengajukan permohonan bantuan rapid test berbasis antigen ke Organisasi Kesehatan Dunia (WHO/World Health Organization). Alat rapid test ini bisa mengeluarkan hasil tes Covid-19 dalam waktu 15-30 menit. [QAR]