RMco.id  Rakyat Merdeka - Situasi pandemi Covid-19 seperti sekarang ini, cenderung membuat sebagian orangtua ragu dan khawatir untuk mengimunisasi anaknya.

Padahal, imunisasi adalah hak dasar anak yang harus dipenuhi. Apalagi, pemerintah juga menyediakan fasilitas ini secara gratis.

Berita Terkait : Jangan Cuma Jaga Protokol Kesehatan, Olahraga Juga Harus

“Komitmen pemerintah luar biasa sekali untuk program imunisasi ini. Ini adalah hak anak. Tolong dimanfaatkan,” kata Communication for Development Specialist UNICEF Indonesia Rizky Ika Syafitri dalam Webinar Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bertema Cari Tahu Tentang Vaksin Yuk! pada Jumat (2/10).

Menurutnya, banyak sekali penyakit di luar sana yang bisa dicegah melalui imunisasi. Vaksinnya tersedia dan gratis.

Berita Terkait : Satgas: Masyarakat Ujung Tombak Penanganan Virus Covid-19

“Pastikan anak tetap mendapatkan imunisasi di masa pandemi. Jangan sampai, kita mengalami double wabah. Bisa saja karena cakupan imunisasi turun, orang-orang tidak mengimunisasikan anaknya,” ujarnya.

Ketika orang tua absen memberikan imunisasi, anak-anak rentan terjangkit sejumlah penyakit misalnya difteri, polio, dan campak. Penyakit-penyakit tersebut bisa menyebabkan kesakitan, kecacatan, hingga kematian.
 Selanjutnya