RMco.id  Rakyat Merdeka - Polda Metro Jaya terus memburu terpidana mati kasus narkoba asal China yang kabur dari Lapas Klas I Tangerang, Cai Changpan. Personel Brimob pun diturunkan.

Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan,kepolisian menurunkan personel Brimob karena luasnya wilayah pencarian yang berupa hutan. "Hari ini dibantu oleh teman-teman dari Brimob untuk melakukan pengejaran ke dalam hutan," kata Yusri kepada wartawan, Sabtu (3/10).

Pihak kepolisian juga telah memintai keterangan terhadap sejumlah warga di desa yang berdekatan dengan Hutan Tenjo yang diduga menjadi lokasi persembunyian Cai Changpan. Berdasarkan pemeriksaan tersebut diperoleh keterangan, Cai Changpan sempat muncul di salah satu desa untuk membeli makanan dan kembali menghilang ke dalam hutan.

Berita Terkait : Disiplin Protokol Kesehatan, Polda Metro Jaya Bentuk Satgas Gabungan

"Kita perluas pencarian di backup oleh Brimob Polda Metro Jaya," ujarnya.

Polisi menemukan pondokan di tengah hutan Tenjo, Bogor tempat buron Cai Changpan sembunyi. Mereka menduga Cai Changpan sempat salat di pondokan tersebut. “Ada beberapa barangnya tertinggal di situ," katanya.

Menurut Yusri, Cai Changpan sudah menjadi mualaf. Dia menikahi perempuan warga negara Indonesia asli Tenjo. Cai Changpan sendiri merupakan warga negara China. Selama tinggal di kawasan Tenjo itu, Cai Changpan disebut membangun rumah pondokan dalam hutan.

Baca Juga : Hanya Orang Gila Yang Tak Percaya Corona Ada

Untuk diketahui, narapidana kasus narkoba Cai Changpan diketahui kabur dari Lapas Klas 1 Tangerang, Senin (14/9). Dia kabur dengan cara menggali terowongan hingga keluar Lapas. Pihak kepolisian juga telah memeriksa 14 orang saksi terkait pelarian terpidana berkebangsaan 

China itu. Hasil penyelidikan awal Polda Metro Jaya mengungkapkan Cai Changpan sudah merencanakan pelariannya dengan menggali terowongan sejak enam bulan lalu.

Polisi juga menerbitkan selebaran yang mencantumkan foto terakhir terpidana dan nomor telepon Satresnarkoba Polres Metro Tangerang Kota di nomor 081253178671, yang bisa dihubungi oleh masyarakat yang mempunyai informasi mengenai keberadaan Cai Changpan. [DIT]