RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah menggratiskan seluruh biaya perawatan, baik rumah sakit rujukan maupun non-rujukan untuk pasien positif Covid-19. Pemerintah sayang rakyatnya.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito menegaskan, seluruh rumah sakit di Indonesia harus menggratiskan biaya perawatan pasien Corona.

Pembiayaan pasien yang dirawat dengan Penyakit Infeksi Emerging (PIE), kata dia, dapat diklaim ke Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melalui Direktorat Jenderal Pelayanan Kesehatan.

Berita Terkait : Dukungan Keluarga Mampu Tingkatkan Imun Pasien Corona

Menurutnya, klaim pembiayaan bisa diberikan kepada rumah sakit yang melakukan pelayanan PIE tertentu.

“Termasuk di dalamnya rumah sakit lapangan atau rumah sakit darurat yang didirikan di lokasi tertentu, selama kondisi darurat dan masa tanggap darurat bencana,” jelas Wiku dalam keterangan tertulis, Jumat (2/10).

Penggratisan seluruh biaya perawatan pasien positif Covid-19 berdasarkan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) RI Nomor HK.01/07/MENKES/446/2020, tentang Petunjuk Teknis Klaim Penggantian Biaya Pelayanan Pasien Infeksi Emerging Tertentu Bagi Rumah Sakit Yang Menyelenggarakan Pelayanan Corona Virus Disease 2019 (Covid19).

Berita Terkait : Pikiran Positif Bikin Pasien Covid Cepat Sembuh

Netizen riuh dengan keputusan pemerintah yang menggratiskan seluruh biaya perawatan pasien Corona di seluruh rumah sakit.

“Ini bukti pemerintah tidak main-main dalam penanganan pasien Covid-19,” tandas Jay0659. Milktea menyambar. Kebijakan pemerintah yang meng-cover seluruh biaya rumah sakit atas pasien Covid-19, sangat baik. Dia juga mengajak masyarakat patuh social distancing, physical distancing, memakai masker dan cuci tangan pakai sabun.

“Terima kasih Bapak Presiden,” ujar Bakri. “Semoga menjadi langkah baik dan terimplementasi di semua daerah,” sambung Bagong Bondet.

Berita Terkait : WFH Jangan Bikin Malas Gerak

Monica @mncbkr membenarkan, seluruh biaya perawatan orang yang positif mulai dari swab test, visit dokter, vitamin ditanggung pemerintah. Dia mengaku sekeluarga melakukan swab test di laboratorium kesehatan daerah (labkesda) gratis sama sekali.

“Nggak ada keluar biaya,” beber dia. Saya bersukur dengan pembebasan biaya perawatan di rumah sakit. Kebijakan itu bisa meringankan pasien yang positif Covid-19.

Dia juga mengajak masyarakat membantu pemerintah dan tenaga medis. “Patuhi imbauan PSBB, jaga jarak, pake masker, rajin cuci tangan dan stay at home,” ajak dia.
 Selanjutnya