RMco.id  Rakyat Merdeka - Pandemi Corona tidak boleh membatasi aktivitas olahraga. Tetaplah berolahraga, meski di rumah saja.

Imbauan tetap berolahraga ini disampaikan Wakil Ketua Lembaga Anti Doping Indonesia (Ladi), dr Arie Sutopo.

Dia menegaskan, olahraga di tengah pandemi harus tetap dilakukan secara teratur dengan dosis yang tepat. “Misalnya, berolahraga dengan intensitas waktu 30 menit,” ujarnya, dalam siaran virtual zoom, Sabtu (3/10).

Arie menjelaskan, kegiatan berolahraga bisa di dalam (indoor) maupun di luar rumah (outdoor). Di dalam rumah, misalnya, bisa dengan treadmill, angkat beban atau berenang bagi yang punya kolam renang pribadi.

Berita Terkait : Patuhi Protokol Kesehatan, Masyarakat Jangan Bandel

Untuk olahraga di luar rumah, kata Arie, bisa jogging atau lari-lari di lapangan. Namun dia mengingatkan, agar tetap menerapkan perilaku disiplin 3M, yaitu menggunakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Ketika kita berolahraga, daya tahan tubuh meningkat. Karena jumlah sel darah putih naik. Sehingga, ketika virus corona datang menyerang, sistem imun langsung dilawan oleh sel darah putih,” ungkap dr Arie.

Terkait hal ini, Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP), Edhy Prabowo mengakui, olahraga merupakan upaya agar badan tetap sehat dan tidak mudah terserang virus, termasuk Corona.

Ditambah dengan rutin mengkonsumsi ikan, yang baik untuk daya tahan tubuh. “Waspada, harus. Panik, jangan. Insya Allah, pemerintah serius, siap dan mampu menghadapi Covid-19 ini,” ujarnya melalui akun twitter @Edhy_Prabowo.

Berita Terkait : Wagub Ariza Tinjau Hotel Isolasi Bagi Pasien Covid-19

Ruhutsitompul juga berkomentar tentang pentingnya olahraga ini. Dia bilang, olahraga kegiatan yang baik untuk mencegah terserang virus Corona. Dia mencontohkan ibu-ibu di desa yang rajin olahraga dan patut dicontoh.

“Mari dukung terusssssss Satgas Covid-19. Laksanakan dengan disiplin protokol kesehatan. Merdeka!” ujarnya.

Mytdrive_id juga percaya, olahraga bisa meningkatkan kekebalan tubuh guna mencegah penularan Covid-19. Kata dia, saat di rumah saja, berjemur sekaligus olahraga adalah cara terbaik menangkal Corona.

“Karena sinar matahari membentuk vitamin D yang dibutuhkan untuk menjaga kekebalan tubuh,” ungkapnya.

Berita Terkait : Kak Seto Minta Orang Tua Tak Bersikap Seperti Komandan

OmMawank setuju dengan ajakan Menteri Edhy Prabowo untuk berolahraga guna mencegah penularan Covid-19. Termasuk juga, kata dia, tetap waspada.

“Setuju Pak @Edhy_Prabowo .. Salam Nelayan. Nelayan Sejahtera Negara Kuat,” katanya.
 Selanjutnya