RMco.id  Rakyat Merdeka - Sebanyak 117 peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang tengah mengikuti proses seleksi dinyatakan positif virus corona (Covid-19).

Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN), Bima Haria Wibisana  mengatakan ada 117 peserta yang terkonfirmasi Covid-19.

Berita Terkait : Lagi, 2 Pejabat Eselon I KKP Positif Covid

Menurut Bima, Kepastian ratusan peserta positif terpapar Covid-19 ini diperoleh setelah BKN melakukan sejumlah pemeriksaan Covid-19 yang menjadi salah satu syarat mengikuti tes CPNS pada tahun ini," ungkapnya saat rapat dengan Komisi II DPR secara virtual, Senin (5/10).

Ia menambahkan hingga saat ini, dari total 336.468 peserta CPNS ada 117 peserta yang terkonfirmasi Covid-19. Selain itu, 97 reaktif dan 59 peserta dengan suhu tubuh di atas 37,3 derajat celcius.

Baca Juga : Muhammadiyah Kini Punya Lembaga UKW

Kendati begitu, Bima mengatakan bagi peserta yang positif Covid-19 tetapi tidak memiliki gejala masih bisa terus mengikuti tahapan tes CPNS. Tentunya dengan aturan protokol kesehatan yang ketat. “Ada ruang untuk yang normal, ada ruang untuk yang reaktif, dan ada ruang tes untuk yang positif. Jadi yang positif ini pun kalau memang kurang sehat, pulang balik dia, tidak kita perbolehkan,” tuturnya.

Adapun untuk peserta positif, Bima mengatakan tetap dirawat di Rumah Sakit atau sedang isolasi mandiri pelaksanaan tes dapat dijadwal ulang. "Hal ini sesuai dengan Surat Kepala BKN No. K 26-30/V 148-3/99," pungkas Bima. [SRI]