Sebelumnya 
Saat ini, masyarakat membutuhkan teladan. Khususnya, dalam pengamalan nilai Pancasila. Benny beranggapan, masyarakat, khususnya anak- anak rindu sosok teladan.

"Di ruang publik, kita mengalami krisis sosok teladan atau role model. Seharusnya, dalam setiap sila, terlihat dalam setiap tindakan dan ada role model-nya," papar Benny.

Berita Terkait : Ini Pesan Jokowi Di Hari Kesaktian Pancasila

Menurutnya, ruang publik harus diisi dengan konten positif, yang menanamkan dan mengamalkan nilai Pancasila.

"Tantangan saat ini, adalah memasukkan nilai Pancasila ke dalam hal-hal kekinian dan model pembinaan yang aplikatif dengan sistem digital," pungkas Benny.

Baca Juga : Naturalisasi 4 Atlet Disetujui DPR, Menpora Harap Timnas Makin Kuat

Pada kesempatan yang sama, Tim Ahli Warisan Budaya Takbenda Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Abdul Latif Bustami mengatakan, Pancasila sebagai dasar negara final dan mengikat tidak ada lagi perdebatan.

Harus dicermati,  apa yang ditulis dengan apa yang dilakukan. "Keadilan harus benar-benar dengan rakyat. Jangan tajam ke bawah, tumpul ke atas," jelasnya.

Baca Juga : Mandiri Syariah Restrukturisasi 29 Ribu Nasabah Senilai Rp 7,1 T

Senada dengan Benny, Abdul menegaskan perlunya teladan para tokoh bagi masyarakat. "Gotong royong juga dirasakan masyarakat semakin menjauh. Teladan dari para tokoh, menurut riset yang ada  mengecewakan. Oleh karena itu, perlu ada perjuangan yang terus menerus," terang Abdul.

"Silakan orang merekayasa apa pun. Tapi sejarah menjelaskan, Pancasila adalah solusi terbaik sebagai dasar negara dan pedoman dan nyata adanya. Pancasila sebagai pemersatu dan perjalanan sejarah menjelaskan bahwa Pancasila luar biasa," tutupnya. [HES]