RMco.id  Rakyat Merdeka - Ikatan Dokter Indonesia (IDI) meminta pemerintah memastikan protokol kesehatan Covid-19 dipatuhi, sebelum memutuskan membuka kembali bioskop di masa pandemi. Jangan sampai, pembukaan bioskop justru menjadi ajang penularan virus.

Ketua IDI Jawa Tengah Djoko Handojo mengatakan, kepastian penerapan protokol kesehatan di bioskop harus benar-benar dijaga. “Kalau tidak bisa menjaga, lebih baik jangan dibuka,” katanya.

Berita Terkait : Patut Disyukuri, Penanganan Corona Tunjukin Hasil Positif

Dia menyadari, pandemi Covid-19 saat ini tak hanya menjadi persoalan kesehatan, tapi sudah menjadi masalah ekonomi dan sosial. Karena itu, protokol kesehatan mesti dilakukan guna menyelesaikan sejumlah masalah akibat Covid-19.

Berkaitan dengan rencana pembukaan kembali bioskop, lanjut dia, ada beberap hal yang perlu diperhatikan serius untuk meminimalisir terjadinya penyebaran Virus Corona.

Berita Terkait : Siapa Pun Pelanggar Protokol Kesehatan, Harus Dipublikasikan

Apa saja yang mesti diperhatikan, Djoko menjawab, “Kita tahu bioskop merupakan ruang tertutup dan berpendingin udara. Ventilasi harus menjadi perhatian, dan durasi film juga jangan terlalu lama.”

Dia mempersilakan bioskop dibuka kembali karena hal tersebut merupakan hak pemerintah daerah. Meski begitu, IDI mengingatkan pentingnya menerapkan protokol kesehatan.

Berita Terkait : Satgas Covid-19 Minta Pendemo Terapkan Protokol Kesehatan

“Tolong pakai masker, jaga jarak, jangan berkerumum,” tambah Djoko.
 Selanjutnya