RMco.id  Rakyat Merdeka - Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sonny B Harmadi mengacungi jempol untuk santri dan pengasuh pondok pesantren (ponpes) dalam hal penerapan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Sonny bilang, selama tujuh bulan penerapan protokol kesehatan di ponpes menunjukkan peningkatan. Kebiasaan memakai masker meningkat, mencuci tangan pakai sabun pun membaik.

Berita Terkait : Silakan Terapkan Protokol Kesehatan, Jika Tak Bisa, Lebih Baik Nggak Usah

“Yang masih rendah itu menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ucap Sonny di Jakarta.

Menurut Sonny, sistem boarding school yang diterapkan ponpes cenderung lebih aman dari penularan Covid-19, karena model tersebut bisa melokalisir kasus.

Berita Terkait : Partai Golkar Serukan Gerakan 3 M Di Pilkada 2020

Dia menegaskan, ponpes bukanlah klaster penularan. Sebab, kasus positif tidak terlalu banyak. Meski lingkungan ponpes masih relatif aman, Sonny tetap menekankan para santri tetap patuh pada protokol kesehatan.

“Upayakan semua santri memakai fasilitas sendirisendiri tidak bercampur dengan santri lain. Patuhi protokol kesehatan, hindari makan dan minum bersama dalam waktu yang lama,” imbaunya.

Berita Terkait : Ini Tips Agar Pondok Pesantren Terhindar Dari Corona

Ke depannya, Sonny berharap, ponpes menjadi garda terdepan mendorong perubahan perilaku melalui edukasi dan keteladanannya. Terlebih jika seluruh ponpes bisa membentuk Satgas Covid-19.
 Selanjutnya