Sebelumnya 
Menurutnya, Integrasi nasional dan NKRI harga mati adalah pondasi yang dibangun atas kesejahteraan, keadilan diatas tatanan hukum yang menghargai konteks sosial budaya.

"Bisa dihitung, Jokowi datang ke Papua bisa sampai 15 kali bahkan lebih. Komunikasi seperti ini diapresiasi. Terlebih lagi dengan adanya Inpres nomor 9 tahun 2020 tentang percepatan pembangunan kesejahteraan propinsi Papua dan Papua Barat.

Baca Juga : Kurangi Impor, Kementan Kembangkan Budidaya Bawang Putih di Probolinggo

"Keppres nomor 20 tahun 2020 tentang Tim koordinasi terpadu percepatan pembangunan di Propinsi Papua dan Papua Barat,"paparnya.

Dia menambahkan, sejumlah langkah strategis tersebut telah membawa perubahan pada Papua seperti infrastruktur, pendidikan, sosial, ekonomi dan lainnya.

Baca Juga : Penjualan Baja Krakatau Steel Laris Manis Di Tahun 2020

"Dana Otsus Papua memiliki dampak positif secara signifikan. Baik dalam bidang politik, sosial, ekonomi dll. Meski begitu, dana Otsus harus dievaluasi. Anak Papua harus diberikan kesempatan seluas-luasnya dalam bidang pendidikan untuk membangun Papua lebih baik,"harapnya.

Dalam Webinar tersebut sebagi moderator: Enggi Holt dan Host: Shandy Adiguna. Narasumber: Mr. Ali Kabiay, Steve Mara, Izak Randi Hikoyabi dan Dian May Fitri. [KAL]