RMco.id  Rakyat Merdeka - Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka (Uhamka) terus berupaya melaksanakan program-program yang dapat memberdayakan dan mencerdaskan umat. Kali ini Uhamka memberikan beasiswa langsung kerja ke alumni Pesantren Muhammadiyah.

Dalam pembukaan acara penyambutan mahasiswa baru penerima Beasiswa Kader Langsung Kerja, Rektor Uhamka Prof Gunawan Suryoputro mengatakan, pihaknya memiliki komitmen untuk mewujudkan amanah UUD 1945. “Di mana semua orang mempunyai hak yang sama dalam memperoleh pendidikan yang layak,” ujarnya, dalam keterangan yang diterima redaksi, Minggu (18/10)

Baca Juga : Pemuda Papua Sebut Jokowi Bawa Kemajuan Di Bumi Cendrawasih

Gunawan mengatakan, amanah UUD 1945 tersebut diterjemahkan dalam program beasiswa langsung kerja yang menjadi program pilot project Uhamka. “Mahasiswa yang mendapatkan beasiswa ini mendapatkan full gratis uang kuliah tanpa biaya apa pun dan diberi pekerjaan di Uhamka maupun di lembaga-lembaga lain yang sudah bekerja sama,” kata Gunawan

Para penerima Beasiswa Kader Langsung Kerja ini, lanjut Gunawan, juga diberikan fasilitas seperti pelatihan pengembangan diri bagi mahasiswa, pengembangan diri dari lembaga-lembaga pendidikan, dan juga pelatihan bahasa secara gratis.  Dengan adanya beasiswa ini, ia berharap akan menghasilkan mahasiswa yang bukan hanya cerdas secara intelektual namun juga siap dalam menghadapi industri kerja dan matang untuk meraih karir yang lebih baik.

Baca Juga : Berenang Di Tengah Pandemi Covid-19, Aman Nggak Sih?

Pada 2020, Uhamka bekerja sama dengan Lembaga Pengembangan Pendidikan Pesantren PP Muhammadiyah memberikan kouta kepada 23 alumni pesantren untuk mendapatkan Beasiswa Kader Langsung Kerja. Ke-23 alumni pesantren ini berasal dari daerah yang tersebar di Indonesia seperti Sulawesi, Kalimantan, Aceh, Jawa Barat, dan Jawa Tengah. 

Para penerima beasiswa ini akan kuliah seperti biasa secara online dan setelah menyelesaikan kuliah melanjutkan bekerja di tempat yang sudah disiapkan Uhamka untuk membentuk karakter dan membangun adversity quotient. Sehingga nanti mereka benar-benar sudah siap didunia kerja maupun usaha pasca kuliah dari Uhamka.

Baca Juga : Sapi Wagyu Penuhi Kebutuhan Daging Indonesia

Selain itu, kata Gunawan, Uhamka melalui program ini ingin memastikan adanya penerus bagi organisasi Muhammadiyah di seluruh ranting, Cabang, dan Daerah. “Ini penting dilakukan sebagai bentuk kepedulian Uhamka selaku Amal Usaha Muhammadiyah,” jelasnya.

Ke depan, Gunawan mengatakan, Uhamka akan membukan peluang beasiswa ini secara luas, bukan hanya untuk pesantren saja, tapi untuk semua generasi muda yang memiliki semangat yang tinggi untuk kuliah. [TIF]