RMco.id  Rakyat Merdeka - Anak sulung Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump, Donald Trump Jr terpapar Covid-19. Untung, saat ke Negeri Paman Sam, Menko Kemaritiman dan Investasi, Jenderal (Purn) Luhut Binsar Pandjaitan tak bertemu dengan dia. Luhut masih selamat. 

Terpaparnya Trump Jr menambah jumlah klaster Gedung Putih. Trump Jr menjadi orang keempat dari keluarga Trump yang tertular Covid-19 setelah Trump, Melanie Trump, dan adik bungsunya. 

Hasil diagnosis Trump Jr keluar beberapa jam setelah ajudan pribadi Trump dinyatakan positif Covid-19. “Sekarang, dia sedang dikarantina. Dia tidak menunjukkan gejala,” ujar jubir Trump Jr seperti dikutip dari laman berita Reuters, Jumat (20/11). 

Berita Terkait : Luhut Ikut Tak Pake Masker

Klaster Gedung Putih semakin merebak setelah ajudan Wakil Presiden AS Mike Pence, Hannah McInnis dinyatakan positif. Termasuk juru bicaranya dan kepala staf Gedung Putih. Untungnya, sejauh ini Pence dan istrinya tidak terinfeksi virus tersebut. 

Kabar Trump Jr positif Covid-19 bikin heboh warganet. Mereka mempertanyakan nasib Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan yang baru berkunjung ke Gedung Putih. 

Luhut berkunjung ke Gedung Putih, Selasa (17/11). Dia diterima langsung Presiden AS, Donald Trump. Kunjungan ini dalam rangka mengucapkan terima kasih dan penghargaan dari Presiden Jokowi atas dukungan Trump terhadap kerja sama RI dan AS selama ini. 

Berita Terkait : Ungguli Trump di Georgia, Biden Makin Dekat Ke Gedung Putih

Dalam pertemuan itu, Trump didampingi penasehatnya Jared Kushner, Ivanka Trump, dan CEO US International Development Finance Corporation (IDFC) Adam Boehler. Sementara Luhut didampingi Duta Besar RI untuk AS, Muhammad Lutfi. 

Di momen perpisahan, mereka sempat berfoto bersama. Backgroundnya bendera AS. Posisi Trump di tengah sambil duduk. Di samping kanannya diawali Adam Boehler, Ivanka Trump, dan Luhut. Sedangkan di sisi kiri Trump ada Dubes Muhammad Lutfi dan Jared Kushner. Mereka semua tidak menggunakan masker. Dari foto-foto yang beredar tidak tampak Trump Jr. 

Apakah Luhut sempat ketemu Trump Jr saat di AS? Juru Bicara Menko Maritim dan Investasi, Jodi Mahardi mangatakan, bosnya itu tidak bertemu dengan Trump Jr. “Tidak mas, tidak ketemu dengan Donald Trump Jr,” singkatnya, kepada Rakyat Merdeka, kemarin. 

Berita Terkait : Luhut Makin Trengginas

Namun, Ahli Epidemiologi Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menyarankan, Luhut melakukan karantina mandiri selama dua minggu. Sambil observasi ada gejala atau tidak. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19. “Termasuk yang juga kontak atau bareng Pak Luhut,” sarannya, ketika dimintai oleh Rakyat Merdeka, semalam. 

Kasus seperti Luhut pernah terjadi kepada Dirjen World Health Organization (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus. Dia langsung karantina mandiri. Apakah Luhut bisa bebas dari Covid-19? Dia jawab belum tentu. Untuk memastikan, Luhut sebaiknya melakukan pengetesan secara bertahap. “Bukan berarti tidak mungkin tertular. Bisa dites di hari kesepuluh jika pengetesan di hari kelimanya negatif,” tukasnya. [UMM]