RMco.id  Rakyat Merdeka - Perhelatan Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XI-2020 berlangsung semarak. Dari sekian banyak kegiatan, pada 2 hari terakhir, tepatnya 23-24 November 2020, berlangsung penjurian terhadap peserta KMI Award untuk kategori Kompetisi Bisnis Mahasiswa Indonesia (KBMI) yang dilaksanakan di kampus Universitas Agung Podomoro Jakarta.

Kategori KBMI terbagi menjadi 6 sub kategori industry. Yaitu Makanan dan Minuman, Perdagangan dan Jasa, Kreatif, Produksi/Budidaya, Teknologi, dan Digital. Pada tiap sub kategori dipilih 4 pemenang (Juara 1, 2, 3 dan Juara Harapan). 

Baca Juga : Awas Zoonosis!

“Hadiah bagi pemenang KMI Award adalah uang tunai yang disediakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), yang akan diumumkan pada acara puncak KMI Expo XI-2020 pada 4-5 Desember 2020,” Ketua Panitia KMI Expo XI 2020/Kepala Bagian Kerja Sama Podomoro University, Andre Felix Setiawan, dalam keterangan yang diterima redaksi, Rabu (25/11).

Tercatat, ada 211 peserta KBMI yang berasal dari berbagai perguruan tinggi seluruh Indonesia yang mengikuti penjurian itu. Penjurian dilakukan dewan juri yang beranggotakan 12 orang, dengan komposisi 6 juri dari Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemendikbud dan 6 orang juri adalah praktisi wirausaha yang menilai peserta berdasarkan wawasan dan pengalamannya dalam berbisnis. 

Baca Juga : Hari Ini Jasa Marga Dan HK Sesuaikan Tarif Tol

Pada tahun ini, ada 21 perguruan tinggi yang berhasil mendapatkan bantuan dana hibah wirausaha terbesar dengan rata-rata 5-7 unit bisnis tiap perguruan tinggi. Yaitu Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Universitas Airlangga, Universitas Dian Nuswantoro, Institut Pertanian Bogor, dan Universitas Agung Podomoro Jakarta. 

“Universitas Agung Podomoro adalah perguruan tinggi yang memiliki visi menyelenggarakan pendidikan berbasis kewirausahaan, berbudaya Indonesia, dan berkualitas Internasional. Sejalan dengan visi tersebut, Universitas Agung Podomoro melalui program studi Kewirausahaan dan pusat inkubator bisnis Podomoro University Center of Entrepreneurial Leaders (PUCEL) terus berpartisipasi dalam mencetak pengusaha muda di berbagai bidang,” ucap Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Universitas Agung Podomoro, Maria Prihandrijanti.

Baca Juga : Semoga Pemulihan Ekonomi Dapat Berjalan Lebih Cepat

KMI Award akan melakukan penjurian kembali untuk Kategori Umum yang diikuti oleh 151 peserta. Masa penjurian untuk kategori ini akan dilakukan pada 30 November 2020.

Selain KMI Award, KMI Expo XI-2020 masih mempunyai ajang penganugerahan Start Up Summit Award yang penjuriannya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2020, dan diikuti oleh 25 peserta. [KW]