RMco.id  Rakyat Merdeka - Presiden Jokowi akhirnya sah menjadi orang pertama yang menjalani vaksinasi Covid-19 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (13/1). Menandai bergulirnya vaksinasi Covid gelombang pertama di Tanah Air.

Sebelum menjalani proses vaksinasi yang disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Jokowi yang hari ini mengenakan kemeja putih lengan pendek, lebih dulu melakukan klarifikasi data di meja pertama. Lalu menjalani pemeriksaan kesehatan di meja kedua.

"Lama nggak periksa... Hehehe," kata Jokowi, sambil mengulurkan tangan ke petugas untuk dipasang alat tensi darah.

Berita Terkait : Ini Kelompok Masyarakat Yang Tak Bisa Disuntik Vaksin Sinovac

Dari hasil pemeriksaan, tekanan darah Jokowi terbilang bagus: 130/60, dengan suhu tubuh 36,3 derajat Celcius. Setelahnya, Jokowi pun ditanya seputar riwayat medis singkat. Apakah pernah terkonfirmasi positif Covid-19, ataukah pernah mengalami batuk-batuk, pilek, atau demam dalam 7 hari terakhir. 

"Cuma batuk-batuk kecil aja..hehehe," kata Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini juga mengaku tak punya riwayat penyakit jantung atau diabetes.

Setelah dinyatakan clear, Jokowi menuju meja ketiga untuk menjalani vaksinasi Covid. Penyuntikan dilakukan oleh Ahli Penyakit Dalam dan Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, sekaligus Wakil Ketua Tim Kepresidenan, Prof. Dr. Abdul Muthalib.

Berita Terkait : Sabam Sirait: Jadi Orang Pertama Divaksin Bukti Jokowi Mau Lindungi Rakyat

Abdul Muthalib terlebih dulu menunjukkan vaksin Covid Sinovac yang masih bersegel, sebelum menyuntik.

"Setelah saya suntik, Pak Presiden tidak merasa sakit sedikit pun. Alhamdulillah, saya berhasil menyuntik tanpa rasa sakit. Tadi, Pak Presiden komentarnya seperti itu. Tanpa rasa sakit," ungkap Abdul Muthalib. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 dr. Reissa Broto Asmoro pun bertanya, tapi kok tadi gemetaran dok? "Ya, namanya juga di awal. Tapi, dalam proses penyuntikannya, alhamdulillah lancar," jawab Abdul Muthalib.

Berita Terkait : Pertama Di Dunia, Penerima Vaksin Covid-19 Di Tanah Air Bisa Registrasi Via WA

Setelah penyuntikan, Jokowi diminta beristirahat sejenak selama 30 menit, untuk memastikan tidak ada Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) yang serius.

Pihak Istana memastikan, keluarga Jokowi tidak ikut ambil bagian dalam program vaksinasi Covid perdana ini. [SAR]