RMco.id  Rakyat Merdeka - Mantan Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) Dino Patti Djalal ditunjuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menjadi Chief Strategic Advisor Kemenparekraf.

"Ini video penunjukkan saya di atas. Tadinya mau dilakukan di kantor beliau tapi karena situasi Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), akhirnya dijadikan sesi zoom," kata Dino kepada RMco.id, Rabu (13/1).

Dengan jabatan barunya, Dino diminta Sandi untuk menggalang peran diaspora Indonesia di seluruh dunia membantu pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang amat terpukul semasa pandemi Covid-19. Kedua sektor ini, sebut Dino, menjadi sektor andalan pemerintah sebagai sumber devisa, lapangan pekerjaan, serta UMKM.

Berita Terkait : Sudah Ada Titik Temu, Sandi Minta Perdebatan Wisata Halal Distop

"Diaspora mempunyai banyak jaringan, akal, serta semangat untuk membantu. Saya akan berdiskusi dengan sahabat diaspora mengenai cara praktis diaspora dapat berkontribusi untuk membantu pariwisata dan ekonomi kreatif, termasuk juga diplomasi gastronomi (kuliner)," ungkap Wamenlu era Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini.

Dalam waktu dekat, lanjut Dino, Sandi akan diajak rapat kerja dengan pimpinan diaspora di seluruh luar negeri.

Dalam zooming tersebut, eks Cawapres Prabowo pada Pilpres 2019 ini meminta untuk membantunya memajukan pariwisata Indonesia.

Berita Terkait : Kehadiran Sandi Di Kemenparekraf Bawa Angin Segar Buat Industri Pariwisata

"Dengan ini, saya meminta Pak Dino Patti Djalal untuk membantu kami sebagai Chief Strategic Adviser. Terima kasih banyak Pak Dino. Saya ucapkan semoga diberi kemudahan dan berkah oleh Allah," ungkap Sandi sembari memberi hormat.

Dino pun membalas ajakan dan penunjukan tersebut. "Terimakasih penawaran diterima. Dengan pembayaran satu Dendeng Balado perbulan," celetuk Dino.

Sandi langsung menimpali. "Satu Dendeng Balado dari rumah makan Padang kesukaan Pak Dino di Tanah Datar," ungkapnya diakhiri tawa keduanya. [FAQ]