RMco.id  Rakyat Merdeka - Ada kejadian menarik saat penyuntikan vaksin Corona ke Presiden Jokowi, di Istana Negara, Jakarta, kemarin pagi. Jokowi yang disuntik anteng-anteng saja. Banyak senyum. Begitu santai sekali. Namun, sang dokter yang nyuntik justru tampil sebaliknya. Tangannya gemetaran. Kapas yang dipegangnya sempat jatuh. Momen ini jadi buah bibir. Baik di dunia nyata, juga di dunia maya.

Dokter yang nyuntik Jokowi itu bernama Profesor Abdul Muthalib. Dia adalah Wakil Ketua Tim Dokter Kepresidenan. Jam terbangnya sangat tinggi. Dia juga terbilang sangat senior. Usianya sudah menginjak 76 tahun. Tapi, hal itu ternyata tidak menjadi jaminan. Abdul Muthalib terlihat sangat grogi. Sampai-sampai, dua kali kapas alkohol yang dipegangnya jatuh ke lantai. Kedua tangannya juga terlihat gemetaran ketika akan menusukkan jarum suntik ke lengan kiri Presiden Jokowi. Untungnya, proses penyuntikan tetap berjalan lancar dan maknyuss.

Berita Terkait : Pemerintah Gencarkan Donor Plasma Konvalesen

Sebelum proses penyuntikan, Abdul Muthalib, masih santai. Dia menunggu Presiden di meja 3. Dia sempat bercakap-cakap dan memberi aba-aba kepada seorang petugas yang mendampinginya.

Suami Siti Aisyah ini baru kelihatan salting alias salah tingkah ketika Jokowi mendekat ke mejanya. Ia menyambut Jokowi dengan salam namaste, lalu menerima kartu vaksinasi Covid-19 dari tangan Jokowi. Sejenak ia memperhatikan kartu tersebut, baru mempersilakan Jokowi duduk. 

Berita Terkait : Raffi Di-bully, Ahok Juga

Sebelum menyuntik, ia membantu Jokowi menyibakkan lengan baju sebelah kiri. Lalu, Guru Besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) itu, mengusap-usap area lengan Jokowi yang akan disuntik dengan kapas alkohol. Di sini, ia mulai terlihat tegang. Tangannya mulai gemetar, hingga kapas yang dipegangnya, dua kali jatuh ke lantai.

Sambil mencoba mengendalikan rasa grogi, ia meneruskan proses penyuntikan. Terlihat, tangan kirinya yang sedang mengepaskan posisi jarum suntik, bergetar hebat. Tangan kanannya juga. Hanya tak separah yang kiri. Alhamdulillah, dengan kondisi itu, dia tetap mampu menekan tuas alat suntik.

Berita Terkait : Masih Nolak Vaksin Covid? Norak Deh...

Setelah penyuntikan beres, dia terlihat begitu lega. Dia lalu bertanya ke Jokowi. "Bagaimana, Pak," tanya Abdul. "Nggak terasa sama sekali...he-he-he," jawab Jokowi, sambil ketawa.

Usai prosesi penyuntikan, ia menjawab perhatian publik yang menyoroti tangannya yang gemetar hebat. Abdul tidak menampik, dia grogi. "Ya, namanya juga di awal. Tapi, dalam proses penyuntikannya, Alhamdulillah lancar," ujarnya.
 Selanjutnya