RMco.id  Rakyat Merdeka - Teka-teki siapa pengganti Jenderal Idham Azis sebagai Kapolri, akhirnya terjawab. Presiden Jokowi menunjuk Kabareskrim, Komjen Listyo Sigit Prabowo sebagai calon tunggal, dan sudah diserahkan ke DPR. Banyak yang mendukung keputusan Jokowi tersebut. Listyo pun bakal mulus jadi Tribrata 1, tanpa sandungan sedikitpun.

Kemarin, Jokowi mengirimkan Surat Presiden (Surpres) bernomor: R-02/Pres/01/2021 yang isinya menunjuk Listyo sebagai calon tunggal Kapolri. Surpres diantarkan langsung Menteri Sekretaris Negara, Pratikno ke DPR.

Pratikno tiba di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, sekitar pukul 10.40 WIB. Pratikno dijemput Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPR, Indra Iskandar, di lobi Gedung Nusantara III dan langsung naik ke lantai 3, menuju ruangan Ketua DPR, Puan Maharani.

Di dalam ruangan Puan, sudah ada 3 Wakil Ketua DPR: Azis Syamsuddin, Sufmi Dasco Ahmad dan Rachmat Gobel. Setelah berbincang sekitar 40 menit, Puan Cs bersama Pratikno turun menggelar jumpa pers.

Berita Terkait : Jokowi Perintahkan BNPB, TNI Dan Polri Segera Kirim Bantuan Untuk Korban Banjir Di Kalsel

“Surpres telah kami terima, presiden menyampaikan calon Kapolri dengan nama tunggal dengan nama Listyo Sigit Prabowo yang saat ini menjabat Kabareskrim Polri,” ujar Puan.

Selanjutnya, surat tersebut akan dibahas di Rapat Pimpinan DPR, Rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk memberikan mandat kepada Komisi III DPR yang membidangi hukum dan HAM. DPR memiliki waktu 20 hari untuk memberikan persetujuan.

Pratikno berharap DPR segera menyetujui Listyo sebagai Kapolri. “Kami berharap, bisa lebih cepat, sehingga kita segera memperoleh Kapolri yang definitif,” ujar Pratikno.

Bagaimana tanggapan Komisi III DPR? Ketua Komisi III DPR, Herman Hery menilai Listyo adalah figur yang reformatif. “Kami harap jenderal muda ini bisa membawa pembaharuan di Polri,” kata Herman di kompleks DPR, Jakarta, kemarin.

Berita Terkait : Transaksi Keuangan Calon Kapolri Listyo Sigit Prabowo Dinilai Wajar

Menurut dia, mayoritas anggota Komisi III DPR menerima sosok Listyo. “Hasilnya seperti apa, nanti kita lihat,” tukas politis PDIP ini.

Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni menilai Presiden Jokowi sudah tepat menunjuk Listyo sebagai calon Kapolri. Listyo, kata Sahroni, adalah sosok yang mumpuni, profesional, rendah hati dan punya visi besar untuk menjaga marwah dan martabat Polri.

Anggota Komisi III dari fraksi Golkar, Supriansa menyatakan, Golkar siap memberikan dukungan kepada Listyo.

Anggota Komosi III DPR dari PKB, Jazilul Fawaid yakin, DPR akan menerima penunjukan Listyo sebagai Kapolri. Listyo sudah memenuhi syarat dari sisi jenjang kepangkatan dan lainnya.

Berita Terkait : Ini Harapan Dunia Usaha Terhadap Kapolri Baru 

Waketum PKB ini meminta agar tak ada lagi yang mempersoalkan agama Listyo. “Jangan jadikan agama sebagai sumber masalah. Mari kita gunakan agama sebagai sumber persatuan, kesatuan dan kerukunan,” ungkapnya.
 Selanjutnya