RMco.id  Rakyat Merdeka - Ulama Syekh Ali Jaber wafat Kamis (14/1) pagi ini setelah berjuang melawan Covid-19. Syekh Ali Jaber menjadi trending topic di media sosial Twitter. Sudah 260 ribu lebih netizen mencuitkan nama Syekh Ali Jaber.

Lini masa media sosial ini pun banjir doa. Sejumlah tokoh pun mengenang dan mendoakan ulama kelahiran Madinah, Arab Saudi 3 Februari 1976 ini. Salah satunya presiden keenam Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Inna lillahi wa inna ilaihi raji'un. Dengan rasa duka yang mendalam, saya mendoakan kiranya Allah SWT menerima berpulangnya hambaNya yang soleh, Syekh Ali Jaber. Semoga sang kholik juga menerima segala amal ibadah almarhum dan husnul khatimah," kicau SBY lewat akunnya @SBYudhoyono, Kamis (14/1).

Berita Terkait : Mahfud MD: Indonesia Kehilangan Syekh Ali Jaber, Ulama Penyejuk Dan Pemersatu Umat

SBY menyebut, Syekh Ali Jaber sebagai ulama yang teduh. "Saya mengenal almarhum sebagai ulama yang teduh. Syiar dan fatwanya mencerdaskan umat. Tutur kata Syekh Ali Jaber jauh dari kebencian (hatred) dan juga bukan permusuhan (hostility). Mendengarkan ceramahnya, hati saya tenteram dan bersyukur karena itulah ajaran Islam yang sejati," tulis SBY lagi.

SBY menceritakan, Syekh Ali Jaber menyempatkan waktu menjenguk dan mendoakan istri tercinta (Alm) Ani Yudhoyono saat sedang dirawat di Singapura.

"Saat itu, saya dengarkan tausiah yang sejuk agar saya tetap kuat, tabah, dan sabar dalam menerima cobaan dan ujian Allah Swt. Selamat jalan sahabatku," cuitnya memungkasi dan menandai setiap cuitam dengan *SBY*. Artinya, SBY sendiri yang berkicau, bukan admin.

Berita Terkait : Menag: Jasa Almarhum Sangat Besar Dalam Dakwah Di Indonesia

Putra SBY, Agus Harimurti Yudhoyono melalui akun @AgusYudhoyono juga turut berbela sungkawa. "Innalilahi wa inna ilaihi roji'un. Saya atas nama pribadi maupun keluarga besar @PDemokrat turut berduka cita atas berpulangnya Syekh Ali Jaber pagi ini. Semoga husnul khatimah. Kita semua kehilangan," cuitnya.

Senada, politisi Partai Gelora @anismatta juga amat kehilangan. "Hari ini kita kehilangan guru yang dengan penuh kelembutan membimbing ummat. Mari kita doakan agar almarhum Syekh Ali Jaber diampuni dosanya dan ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT, serta keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan keikhlasan," kicaunya serupa dengan @Hary_Tanoe.

"Saya dan Keluarga besar MNC Group, khususnya RCTI, merasa sangat kehilangan dan turut berduka cita sedalam-dalamnya atas wafatnya ulama besar Indonesia, Imam Masjid Nabawi di Kota Suci Madinah: Syekh Ali Jaber yang telah bertahun-tahun bersama kami di Hafiz Indonesia, RCTI. *HT." [FAQ]