Viral Warga Makan Di Pelataran MRT

Anies: Jangan Direndahkan, Mereka Saudara Kita Juga

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Istimewa).
Klik untuk perbesar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto : Istimewa).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jangan mengolok-olok warga yang “botram” alias makan bareng sambil lesehan di tengah kerumunan warga yang berebut akan naik MRT.

“Jangan merendahkan, jangan menghina, jangan mengejek, kita semua mengalami proses pembelajaran, tidak semua orang pernah naik kendaraan apa pun,” ucap Anies di kantor Wali Kota Jakarta Barat, kemarin.

Foto warga yang “botram” di hari peresmian MRT itu memang hebih di Medsos. Banyak yang meledek warga seperti itu kampungan, nora, dan kata-kata sindiran yang sarkastik. Meihat hal itu, Anies tak rela. Diakuinya, banyak warga ketika mendapatkan pengalaman baru terlihat aneh. Sama seperti pertama kali naik pesawat terkadang lucu dan aneh.

Begitupun dengan warga yang baru merasakan MRT. Jadi wajar jika ada warga yang terlihat lucu.

Berita Terkait : Anies: Jika Ada Gejala, Langsung Lapor dan Datang ke Rumah Sakit

Anies mengajak masyarakat menganggap warga yang lucu seperti itu sebagai keluarga sendiri. Daripada merendahkan, lebih baik memberi tahu cara ber-MRT yang baik dan sesuai selere bangsa-bangsa lain yang sudah dari dulu punya MRT.

“Hargai semuanya sebagai saudara sendiri, ini saudara sebangsa kok, jangan rendahkan, sama sekali jangan pernah direndahkan, justru kalau melihat seperti itu, yuk kita beritahu caranya,” ucap Anies.

Anies miris melihat warga tersebut difoto lalu diviralkan. Dia tidak ingin kejadian itu terulang. “Saya miris betul melihat difoto, diejek, diviralkan dengan wajah yang ada di situ, tak baik itu,” kata Anies.

Sikap Anies ini menuai pro kontra. Ada yang mendukung, tetapi banyak juga yang mengkritiknya.

Berita Terkait : Anies Pastikan Terus Pantau Potensi Penularan Corona

Di kolom detik.com, sonto loyo salut dan kagum dengan sikap Anies yang lebih memilih cara-cara humanis.

“Kagum sama pemimpin seperti ini, semoga Pilpres 2024 duet sama Sandi, Insya Allah menang LAGI,” harapnya.

Boedy S mengakui sosok Anies sebagai pemimpin bijaksana. “Pak Anies bijaksana sekali tidak semua warganya punya pola pikirnya modern, semua itu saudara kita juga tidak boleh ada yang direndahkan.”

Naga Bayu menyambar dengan melontarkan dukungannya. “Pak Anies kali ini betul. Ada yang piknik menikmati MRT pertanda warga ikut bahagia. Cuma salah tempat aja, ga masalah sih,” katanya.

Berita Terkait : Pemprov, Gerak Cepet Dong, Angkut Sampah Sisa Banjir

Menimpali, Akmal Rifari mengakui komentar Anies membuat hati rakyat sejuk, tidak melulu menyalahkan rakyat. Perbaikan perilaku dengn santun dan humanis lah yang akan menyentuh hati rakyat.

Sementara, floodboy tidak setuju jika Anies terlalu lembek dalam menertibkan kedisiplinan warganya. Buktinya setelah disindir ada perbaikan dari warga, lebih rapih dan tertib.

“Perlu juga lah pak Anies. Jangan naif, jaman era sosmed yah emang gitu, masak mau ditahan tahan orang share sesuatu yang penting juga. setidaknya kan dengan gitu, dari pihak MRT dan penjaga kan bisa aware. kok pemikiran bapak sempit sih??” sindirnya.

Roni Wowor menyambar. Ia miris membaca pernyataan Anies yang lembek. Menurut dia, kalau cuma ngandelin cara pendekatan humanis negara ini tidak akan maju. “Yang sampai gelantungan gimana pak?  Apa iya mereka tidak mengerti hal itu sesuatu yang tidak baik?” tandasnya. [REN]