Urusan Politik Dibikin Akur Aja Deh...

Catatan : MUHAMMAD RUSMADI

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sekali lagi, apa yang dikhawatirkan sebagian kita soal kian memanasnya efek pilpres belakangan, agaknya cu­ma efek media sosial (medsos) saja. Kita tahu, di medsos pola komunikasi kan memang nggak face to face alias berhadapan langsung. Tapi ngumpet. Identitas bahkan kadang nggak yang asli.

Berita Terkait : Ayo Dinginkan Suhu Politik

Makanya, orang mungkin merasa “jauh” dengan lawan bica­ranya. Apala­gi di sebuah grup misal­nya, yang ketika menyampaikan sebuah pernyataan, tidak ditujukan langsung pada pribadi tertentu. Biasa­nya status atau ko­men­tarnya bernada be­rani, tajam. Bah­kan kadang atau ma­lah sering, kasar. 
 
Tentu beda bila orangnya berhada­pan di sebuah forum pertemuan lang­­sung kan? Tentu pernyataan yang di­lontarkan takkan seberani saat tak bertemu. Memang ada, yang me­re­kam video pernyataannya sen­diri misalnya. Bahkan dengan menam­pakkan wajahnya. Tapi jumlahnya tentu tak banyak. Saya memang tak punya data resmi.
 
Namun yang jelas, memang tak banyak orang yang berpikir mela­kukan sesuatu yang mungkin bagi kebanyakan orang terkesan konyol itu. Menyerang kubu lawan secara te­rang-terangan.

Berita Terkait : Keracunan Politik


Komunikasi ala medsos belakangan, mungkin ibarat saudara-saudara kita yang tinggal di pedalaman. Yang ketika berkomunkasi mungkin de­ngan orang lain entah di seberang su­ngai. Atau di bukit sebelah sana. Sehingga bicaranya harus keras. Nya­ring. Bagi orang yang baru men­dengar, mungkin terkesan kasar. Pa­da­hal maksudnya mungkin, ya itu tadi, supaya jelas s­a­ja. Nggak ngang­gap budek juga lho, ya. Hehe.

Berita Terkait : Diajak Poligami, Sandi Takut Istri

Idealnya, sepanas apapun suhu politik menjelang pilpres seperti sekarang, kan enaknya harus disikapi de­ngan hati yang adem. Iya dong. Ka­lau panas, kan jelas nggak enak hawanya. Gerah. Bawa senyum aja. Nyengir-nyengir, boleh lah. Bukan gontok-gontokan. Debat tentu boleh, selama masuk akal. Nggak emosional. Apalagi hingga berbalas maki di medsos (meski gi­liran ketemu, senyam-senyum aja hehe). Tapi yaaa, rasanya tetap nggak asyik kan?
 Selanjutnya 

RM Video