Ngopi - Terjepit Dua Kota
Catatan : ABDUL SHOMAD

RMco.id  Rakyat Merdeka - Namanya Situ Penongkelan. Posisinya di perbatasan Jakarta Timur dan Depok. Lokasinya tidak jauh dari Jalan Raya Bogor, pusat informasi PT Panasonic Indonesia dan pabrik resleting milik PT YKK.

Inilah tempat rekreasi masyarakat sekitar di perbatasan Jakarta dan Depok. Rekreasi taman air. Tempat rekrasi yang terjepit di antara dua kota. Murah meriah. Bahkan gratis.

Namun, menyimpan bahaya. Tak ada pintu masuk ke taman rekreasi masyarakat ini. makanya gratis.

Soal murah meriah, karena Situ Padongkelan juga menyediakan mainan air. Sepeda air, boleh pakai, kalau bayar. Harga sewa sepeda air pada week end dan weekday berbeda. Week end lebih mahal sedikit ke timbang weekday.

Baca Juga : Ketum SI Kritik Polri Dalam Melindungi Ulama

Situ ini berada di atas permukiman warga. Tanggul situ, sekaligus pula dijadikan jalan utama. Bisa dilewati dua mobil minibus. Kalau pas papasan, harus pelan.

Kondisi inilah, yang membuat Situ Pendongkelan menyimpan bahaya. Sekali tanggul jebol, air yang tenang itu pasti berubah jadi bah.

Dulu, tahun 1984, situ ini pernah bedah. airnya membuncah. Persis seperti Situ Gintung, Ciputat, Tangerang Selatan. Bedanya, bencana Situ Pedongkelan tak memakan korban jiwa.

Tak ada korban waktu itu, bukan karena airnya tidak deras. Tapi karena di bawah tanggul yang menjadi jalan itu, belum ada permukiman warga.

Baca Juga : Tumbuh Melambat, Utang Luar Negeri Kita Tembus Rp 6.085,91 T

Masih hamparan kebon kosong. Luas Situ Pendongkelan sekitar 6 hektare. Kedalamannya 4 meter. Bisa dibayangkan kalau di bawah situ banyak permukiman saat itu.

Memang tidak sedahsyat bencana Situ Gintung, yang kedalamannya sampai 10 meter. Tetap saja, diperkirakan ba kal memakan korban jiwa. Sekarang, kondisinya sudah beda.

Banyak permukiman di bawah situ. Tinggi tanggul situ dengan permukiman warga bervariasi. Bahkan, ada yang tingginya sampai 10 meter. Dan saya, tinggal di permukiman itu.

Di bawah Situ Pendongkelan. Secara teritori, Situ Pendongkelan masuk ke dalam wilayah Kelurahan Tugu, Cimanggis, Depok.

Baca Juga : Penumpang Di Bandara Soetta Dan Halim, Wajib Lakukan 5 Hal ini...

Namun, tempat saya tinggal, masuk teritori Jakarta Timur. DKI Jakarta konon pernah menurap situ ini. Nah, posisi situ yang berada di perbatasan ini, semestinya pula menjadi perhatian dua pemerintahan.

DKI Jakarta dan Depok. DKI Jakarta, meski bukan wilayahnya, mestinya juga memiliki perhatian untuk perawatan. Di bawah situ ini ada wilayah DKI. Ada permukiman warga DKI.

Sehingga juga berpotensi menjadi korban, jika tanggul jebol. Apalagi, tanggul situ, juga merupakan jalan yang menghubungkan DKI Jakarta dan Depok. Termasuk jalur hidup. Tentu akan berpengaruh pada kontur tanah tanggul.***