Ngopi - Film Sesuai Momen
Catatan : Redaktur

RMco.id  Rakyat Merdeka - Bukan rahasia lagi, kalau setiap momen di Indonesia, baik itu hari besar keagamaan maupun hari besar nasional bisa ditandai dengan tayangnya film-film yang berkaitan di televisi (tv) nasional. Bahkan tradisi ini sudah berlangsung puluhan tahun.

Sejak saya masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Beberapa momen yang saya ingat di antaranya, seperti momen saat ini, yaitu perayaan Natal dan Tahun Baru.

Biasanya di stasiun tv kerap atau bisa dibilang pasti akan ditayangkan film Home Alone, mulai dari sikuel pertama hingga sikuel ke-5.

Namun yang legendaris adalah Home Alone sampai Home Alone 2 yang masih dibintangi oleh Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister, seorang anak dari keluarga yang kaya yang secara tidak sengaja tertinggal di rumah oleh keluarganya yang akan berlibur saat Natal.

Baca Juga : Trump Akui Ingin Bunuh Presiden Suriah Bashar al-Assad

Keseruan terjadi saat rumah Kevin didatangi dua orang pencuri bodoh yang ingin merampok rumahnya. Maka, untuk menghentikan para pencuri itu, Kevin menyiapkan jeba kanjebakan dari alat-alat yang tersedia di rumah.

Lain Natal, lain Lebaran. Teman-teman yang saya tanyai juga sepakat, kalau Lebaran identik dengan penayangan film-film grup komedi legendaris Indonesia Warkop DKI yang dibintangi Dono, Kasino dan Indro.

Berbagai judul film Warkop dipastikan tayang di tv saat lebaran. Sayangnya, karena banyak adegan cewek seksi di pantai, film Warkop yang tayang di tv saat ini sudah terlalu banyak potongan sensor.

Akhirnya, film ini sudah tidak semenarik dulu, meski masih tetap menghibur. Selain hari besar keagamaan, di Indonesia, hari besar nasional juga masuk kedalam tanggal merah. Film sesuai momen juga banyak diputar saat itu.

Baca Juga : Didukung WHO, Indonesia Dapat Akses Vaksin Covid-19

Hari Kemenrdekaan RI 17 Agustus misalnya, sudah pasti diputar film-film perjuangan. Di era 90-an, film perjuangan Janur Kuning pasti tidak pernah absen. Film ini menceritakan tentang perjuangan Indonesia dalam meraih kemerdekaannya.

Latar belakang yang diambil adalah di sekitar peristiwa Enam Jam di Yogyakarta. Tokoh-tokoh nyata yang ditampilkan di sini di antaranya adalah Soeharto, Jenderal Sudirman, dan Amir Murtono.

Kalau sekarang, filmnya sudah mulai beragam, karena semakin banyak film-film bertema perjuangan yang muncul. Namun, film Naga Bonar, maupun ‘New’ Naga Bonar yang dibintangi Deddy Mizwar sepertinya masih menjadi tayangan wajib saat hari kemerdekaan.

Untuk urusan horor, nama Suzanna pasti tidak asing lagi bagi penggemar film Indonesia. Film berjudul Malam Satu Suro yang dibintangi ‘Ratu Horor’ Indonesia ini menjadi menu wajib saat perayaan 1 Muharam. Film produksi tahun 1988 ini dikenal dengan alur ceritanya yang unik karena mengedepankan hantu sundel bolong sebagai tokoh utama.

Baca Juga : Waduh! 180 ASN Positif Corona, Wali Kota Bandung Akui Ada Peningkatan Klaster Perkantoran

Meski saat ini visual efek film tersebut bisa dibilang sudah ketinggalan jaman, namun aura mistis yang dipancar kan oleh wajah Suzanna masih membuat bulu kuduk penonton film ini merinding. [NOVALLIANDY]