Jadi Wakil Ketua

Ngopi - Jadi Wakil Ketua
Catatan : Redaktur

RMco.id  Rakyat Merdeka - Kali ini urusannya soal organisasi. Ngomongin organisasi, urusannya soal mengakomodir semua suara atau aspirasi yang berkembang.

Begitu juga yang terjadi di paguyuban yang bernama Forum Wartawan Perhubungan (Forwahub) di Kementerian Perhubungan.

Pendek cerita, saya berkecimpung di forum ini sekitar 2015. Belum lama memang dibanding yang sudah ‘veteran’ di sana. Tepatnya 7 bulan silam, ada pergantian pengurus. Saya bikin semacam tim kampanye untuk calon yang maju dalam pemilihan.

Berita Terkait : Menhub Temui Jemaah Umroh di Bandara Soetta, Semua Tertangani dengan Baik

Persis seperti pemilihan calon presiden yang bertarung untuk merebut tahta kekuasaan. Alhamdulillah, kami menang. Ichsan Amin dari Koran Sindo secara sah dinobatkan sebagai Ketua Forwahub periode 2019-2021. Nah, saya kebagian jadi wakilnya.

Awalnya, nggak mikir juga saat itu dipilih jadi orang ‘kedua’ di forum ini. Nggak kebayang juga bakal urus ini itu. Bayangin, forum ini diisi hampir 60 wartawan lokal dan internasional. Bisa dipastikan separuh waktu akan dihabiskan untuk forum ini.

Untungnya, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, juga sangat aware terhadap wartawan di perhubungan. Sosok yang menyenangkan diajak diskusi. Tak canggung malah.

Berita Terkait : YLKI Minta Pemerintah Prioritaskan Perlindungan Konsumen

Apa yang menyenangkan dari forum ini? Jawabnya, perkawanan. Selama masih bisa tersenyum dan tertawa kemudian duduk santai dan serius di ruang pressroom, itu sudah cukup. Akan selalu ada wartawan senior yang selalu menemani. Ada juga wartawan junior yang menyayat hati.

Forum ini semacam agent of control sekaligus mitra kerja Kementerian Perhubungan. Sekaligus stakeholder yang berkecimpung di urusan hajat hidup orang banyak, terutama konektivitas.

Tidaklah mudah buat saya. Sebab, semasa masih zaman putih abu-abu, saya hanya pernah pegang jabatan bawahan. Tapi, soal pemimpin itu sederhana. Setidaknya ada tiga hal: energik, jujur adil dan bertanggung jawab. [KINTAN PANDU JATI]