Ajak Anak ke Tempat Umum, Jangan Panik!

Ngopi - Ajak Anak ke Tempat Umum, Jangan Panik!
Catatan : Redaktur

RMco.id  Rakyat Merdeka - Ternyata, Indonesia tidak bebas Virus Corona (Covid-19). Jumlah pasiennya, dari dua orang, kini meningkat jadi 19 orang. Belum lagi, yang tergolong suspect Corona.

Padahal, beberapa waktu lalu, masih ada pihak yang meminta agar Presiden mengumumkan "Indonesia Bebas Corona". Tujuannya, agar wisatawan merasa aman datang berlibur ke Indonesia.

Apa mereka lupa ya, atau nggak berpikir, kalau calon-calon wisman (wisatawan mancanegara) ini bisa saja sudah terpapar virus entah di mana. Lalu, secara tidak sengaja menularkannya di sini. 

Berita Terkait : Gagal Nonton Konser Musisi Mancanegara

Sekarang, kejadian kan. Virus ditularkan warga asing. Yang sialnya lagi, kok nggak terdeteksi di bandara. Katanya, sudah pasang alat. Seorang teman, panggil aja Bintang, menyebut, peralatan di bandara seadanya. Nggak berfungsi optimal. Makanya, nggak heran kalau ada orang terpapar Corona, tapi nggak terdeteksi di bandara. 

Info terakhir, dari 19 pasien ini, dua di antaranya juga warga asing. Makin jadi tanda tanya nggak sih, sama pemeriksaan di bandara! 

Jadi, kalau orang-orang sekarang menjadi panik, sebenarnya perlu dimaklumi juga. Termasuk saya yang baru punya bayi. Bulan lalu, saya ajak si kecil untuk berenang khusus bayi. Lokasinya cukup dekat dengan rumah. Melihat si kecil yang girang, antusias dan nggak nangis saat berenang, akhirnya saya pilih paket berenang plus pijet untuk 16 kali kunjungan. 

Berita Terkait : Ayip Abbas yang Kukenal

Hitung-hitung, jadi sedikit lebih murah. Kalau sekali datang, hanya berenang saja, kita harus bayar Rp 175 ribu. Dengan ambil paket, cukup Rp 130 ribu. Tetap mahal ya. Tapi, berenang cukup baik untuk menstimulasi motorik anak.

Tempat renang itu satu lokasi dengan sekolah anak usia mulai dua tahun. Saya sempat lihat, di kaca ruangan sekolah ditempel kertas pengumuman. Salah satunya, bila ada anak, atau orang tua, atau keluarga inti yang tinggal seatap, melakukan perjalanan ke luar negeri, harus menginformasikan ke sekolah dan sepulangnya dari perjalanan menyertakan surat keterangan dokter. 

Nah, gara-gara ada kasus Corona ini, jadi agak khawatir juga. Aman nggak ya ajak berenang? Aman nggak ya ajak ke mall. Atau jalan-jalan ke tempat ramai. Tempat orang banyak berkumpul. 

Berita Terkait : Jarang Dikeruk

Bagaimana pun kondisinya, ingat saja, tak ada penyakit yang tak ada obatnya. Waspada boleh, panik jangan ya.

Irma Yulia, Wartawan Rakyat Merdeka