Mahalnya Motor Jambret

Ngopi - Mahalnya Motor Jambret
Catatan : ADITYA NUGROHO

RMco.id  Rakyat Merdeka - Minggu lalu, saya kaget membaca sebuah postingan di sebuah akun Instagram. Bukan soal corona yang lagi ramai, tapi soal Yamaha RX King

Seorang penjual khusus motor jambret-sebutan RX King-di Tanjung Priok berhasil menjual motor RX King dengan harga Rp 150 juta. Harga yang cukup fantastis untuk sebuah motor 2 tak. 

Motor yang dijual bukan baru. Tapi motor simpanan. Kilometernya masih kecil. Semuanya masih perawan alias original bawaan pabrik. Menuru sang penjual motor ini hanya dipanasin saja tidak dibawa keluar jalan. 

Berita Terkait : Gara-gara Corona, Arisan Keluarga Pun Jadi Kaku

Saat ini, Motor RX King memang menjadi salah satu buruan penggemar motor. Khususnya mereka yang menyukai kecepatan. Motor ini mudah sekali dibikin cepat larinya. Tinggal korek sedikit bloknya, langsung ngacir. Ditambah daya tahan emang badak.

Sparepartnya juga ngampar di mana-mana. Ada di kota dan di desa. Na¬mun, harga sparepartnya memang tak murah lagi. Blok mesin yang dulu hanyaRp 450 ribu, kini harganya melonjak jadi Rp 1,7 juta. Itu untuk yang kode YP. Sementara kalau yang Y1 bisa tembus di atas Rp 7 jutaan.

Karena keberadaannya yang mulai berkurang dan peminatnya banyak, harga RX King jadi selangit. Sekarang harga pasaran RX King yang masih komplit dijual paling murah di atas Rp 10 jutaan. Bahkan sudah ada yang dibanderol Rp 20 jutaan-Rp 70 jutaan. 

Berita Terkait : Stop, Pencegahan Basa-basi

Padahal, saya ingat harga barunya dulu hanya Rp 14 jutaan. Saya sempat punya RX King buatan tahun 97. Kalau inget harganya sekarang melejit puluhan juta, saya nggak jual tuh barang.

Sempat kepikiran untuk beli lagi buat kerja. Karena kalau bawa motor ini rasanya aman aja. Yang ada malah pemotor lain ketakutan kalau ada motor ini tengah malam. Takut jambret. 

Tapi dipikir-pikir bensinnya yang boros bisa bikin kantong jebol. Habis konsumsinya hampir sama dengan bawa mobil. Apalagi ekonomi juga lagi kembang kempis karena corona. Jadi rencana beli lagi motor jambret pun urung.