Mimpi Nemu Duit

Catatan : KRISTANTO

RMco.id  Rakyat Merdeka - Matanya menatap ke bawah. Jelalatan dari kiri ke kanan. Atau sebaliknya. Tak ada yang lepas dari perhatiannya. Terutama saat berada di jalan.

Kakinya yang coklat gempal bakal menendang atau menginjak setiap bungkusan koran, plastik keresek atau sejenisnya, yang dia temui di jalan. Inilah kebiasaan baru teman saya. Sebut saja namanya Anton.

Sekali, dua kali, saya masih cuek. Tapi setelah berkali-kali dia melakukan itu, saya penasaran juga. “Ngapain sih,” tanya saya. “Iseng. Siapa tahu nemu duit. 200 juta,” jawabnya singkat. Saya pun tertawa ngakak mendengar penjelasan ini.

Berita Terkait : Mudahnya Membunuh


Mimpi kalee, komentar saya dalam hati. “Namanya mimpi ya sah-sah aja kali,” tukas Anton, seperti mendengar komentar di dalam hati saya. Sebelum ini, Anton juga punya kebiasaan yang lain.

Maki-maki pemerintah. Di tempat kerja, saat nongkrong bersama teman, di rumah, sampai di grup WhatsApp. Di mana saja. Pokoknya, setiap ada kesempatan, Anton akan melantunkan kritik buat Jokowi Cs.

Entah kebetulan atau tidak, semenjak Jokowi berkuasa, rezeki Anton memang mendadak seret. Sementara cicilan rumah, cicilan motor, dan biaya sekolah anak tetap harus dibayar.

Baca Juga : Anggota DPR Tak Perlu Diberi Uang Pensiun

Mungkin karena itu dia kerap menyalurkan kekesalannya dengan “nyanyi”. Kembali ke soal kebiasaan barunya, kata Anton, mimpi nemu duit bukan eksklusif miliknya.


Ternyata ada juga beberapa temannya yang lain punya mimpi atau harapan serupa. “Ternyata nggak cuma gw doang yang punya mimpi kayak gini. Bener-bener zaman susah kali ya,” terangnya.

Kalau saya sih belum separah Anton. Jika bener-bener lagi bokek, saya lebih pilih ngacak-ngacak dompet atau lemari. Siapa tahu nemu duit 50-an ribu atau 100 ribu yang nyempil.

Baca Juga : Guardiola Lega, City Sukses Jungkalkan Spurs

Beberapa kali usaha saya ini membuahkan hasil. Jangankan 100 ribu, nemu 10 ribu aja sudah seneng banget. Lumayan lah buat jajan anak. Ini lebih masuk akal ketimbang mimpi nemu duit ratusan juta.

RM Video