Desa Siluman

Ngopi - Desa Siluman
Catatan : ADITYA NUGROHO

RMco.id  Rakyat Merdeka - Desa Siluman. Bagi yang pertama mendengar namanya pasti langsung berpikiran seram. Desa ini berada di perbatasan Subang dan Purwakarta, Jawa Barat. Tepatnya ada di Kecamatan Pabuaran. Dekat Texmaco. Kalau dari pintu tol Cikopo sekitar 20 kilometeran.

Desa Siluman adalah desa ibu saya. Saya juga dilahirkan di desa ini. Begitu juga dengan adik pertama saya. Saya sangat gatal mencari tahu asal-usul nama desa ini yang sudah ada sejak 1908.

Baca Juga : Airlangga Beri Kuliah Umum di Seskoal

Berdasarkan cerita orang-orang tua di sana, desa ini diberi nama Siluman karena dulu yang tinggal di sana para jawara. Namun, ada versi lainnya. Nama Desa Siluman diambil dari nama sebuah kali kecil Cisiluman.

Kali Cisiluman dulunya jadi tempat sembunyi pejuang desa melawan penjajah Belanda. Sepanjang jalan Desa Siluman kanan kirinya terdapat sawah yang hijau. Karena mayoritas warganya adalah petani padi.

Baca Juga : Di Rapat Paripurna Istimewa DPRD, Walkot Tangerang Paparkan Capaian dan Evaluasi Kerja

Namun seiring waktu jumlah petani di desa ini terus berkurang seiring perkembangan zaman. Generasi mudanya sudah tidak mau bertani lagi karena menilai hasil bertani kurang memuaskan. Karena hasilnya baru bisa dinikmati tiga bulan sekali.
 Selanjutnya