Teman Yang Menguburkanku

Catatan : ANGGOWO ADI SEPTANINGRAT

RMco.id  Rakyat Merdeka - Sudah lebih dari 10 tahun saya di Rakyat Merdeka. Dari pagi ketemu pagi, waktu berlalu begitu cepat. Tak terasa, sudah sekitar 6 rubrik halaman saya isi dan handle. Mulai jadi reporter, ‘supir cadangan’ alias asisten redaktur, hingga redaktur. 

Terakhir, “8 kali berlebaran” di Bibir Mer, halaman yang sengaja saya buat syur. Cuma imej, trik agar pembaca rileks. Syukurlah, konon digemari banyak pejabat hingga diplomat. Semuanya itu dilakoni agar dapur rumah dan kantor tetap ngebul. 

Berita Terkait : Hidup Tak Sekadar Memburu Rente


Saking banyaknya cerita suka di media bak keluarga ini, sulit saya bagikan satu persatu. Ironisnya, belakangan saya justru teringat kisah duka yang gampang diceritakan. Soal apa itu? Kematian. Seingat saya, kami di bagian redaksi telah ditinggal wafat 3 rekan. Semuanya senior saya. Bang Ade, Bang Feril, Mas Buya. 

Dalam rentang tahun berlainan, kami kompak tertegun dalam ketiga momen sendu itu. Di dalam sebuah keranda, terbaring tubuh jenazah yang telah dibungkus rapi kain kafan dan atau ditutupi dengan kain bertabur bunga. Di sisi mereka, kami mendoakan. 

Berita Terkait : Yang Nengokin Sakit

Jelang hingga usai memakamkan mereka, kami tak henti mengenang masa-masa kerja bareng. Abaikan yang jelek-jelek, kami serentak bilang mereka baik. Banyak harapan, kesaksian kami atas kebaikan mereka didengar Allah. 


Setelah mengenang itu, mendadak saya membatin. Kelak saya meninggal dan ikut dikuburkan teman-teman. Masalahnya, apakah saya sudah berperilaku baik terhadap mereka? Meski sudah akrab seperti keluarga, pekerjaan pasti tetap ada resiko mudarat. Ragam kepentingan, saling bersinggungan ucap dan laku.

Berita Terkait : Kunker Ke Semarang, Menpora Nyanyi Bareng Pengamen

Idealis atau praktis. Kayaknya lebih sering khilaf, ketimbang ngeh-nya. Namanya juga manusia biasa. Disinilah saya mengkhawatirkan diri sendiri. “Wahai teman yang menguburkanku. Semoga saya ada kebaikan yang bisa kalian kenang kelak. ***

RM Video