Gaung Pileg Redup

Catatan : M FIKY AZIS

RMco.id  Rakyat Merdeka - Pemilihan Legislatif (Pileg), tidak seheboh pemilihan presiden (Pilpres). Gaung Pileg redup dengan Pilpres. Akibatnya, tidak hanya caleg partai baru rugi, partai lama pun ikut rugi karena banyak pemilih tidak kenal caleg.

Kondisi itu hampir di semua wilayah terjadi. Banyak pemilih bingung untuk mencoblos caleg. Masyarakat banyak tidak kenal caleg. Masyarakat lebih kenal nama partai dan capres.

Alhasil, suara partai dan capres yang banyak dicoblos masyarakat pada Rabu (17/4). Seperti di daerah Jatimakmur, Pondok Gede.

Berita Terkait : Caleg & Korupsi


Banyak pemilih tidak kenal caleg, baik DPD, DPR, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/ kota. Padahal, atribut kampanye caleg banyak bertebaran di setiap sudut jalan raya Pondok Gede.

Alat peraga kampanye (APK), itu mulai poster caleg yang kecil sampai baliho billboard besar. APK caleg ada yang dipasang pada angkutan umum, tiang listrik, pohon, tembok, korek api, baju, jaket dan lainnya. Ironisnya, pemilih tetap tidak kenal caleg tersebut.

Ditambah minimnya sosialisasi caleg di daerah pemilihannya. Para caleg lebih pilih fokus memenangkan capresnya. Caleg hanya mengandalkan sosialisasi dari mulut ke mulut melalui tim suksesnya.

Berita Terkait : Takut Banana Politics

“Misalnya, tim sukses ajak temannya di lapangan untuk pilih caleg di tingkat DPD, DPR dan DPRD provinsi/kota, dengan nomor sekian,” cerita Iwan, salah satu pemilih di Pondok Gede.


Selain sosialisasi caleg minim, pelaksanaan pemilu serentak tahun ini merupakan pesta demokrasi terumit. Masyarakat harus menghabiskan waktu lebih lama mencoblos dibandingkan pemilu sebelumnya.

“Pemilih muda maupun lansia butuh waktu mencoblos sekitar 10 menit lebih. Dan mereka bingung saat membuka lembaran Pileg. Banyak pemilih tidak kenal nama caleg, baik DPD, DPR, DPRD Provinsi maupun DPRD Kabupaten/Kota,” kata Iwan.

Berita Terkait : Masih Bingung Pilih Siapa

Namun, Iwan bersyukur pemilu serentak kali ini berjalan lancar dan aman. Sebagai rakyat, saya sangat berimakasih kepada TNI dan Polri, yang bekerja keras siang dan malam untuk menjaga pelaksanaan pemilu berjalan lancar dan aman. ***

RM Video