AHY: Pidato Jokowi Soal Flamboyan Menyentuh Hati Kami

Klik untuk perbesar
Silaturahmi Presiden Jokowi dan Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono beserta istrinya dan Edhie Baskoro Yudhoyono beserta istrinya di Istana Merdeka, Rabu (5/6). (Foto: Oktavian Surya Dewangga/Rakyat Merdeka).

RMco.id  Rakyat Merdeka - Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Edhie Baskoro Yudhoyono (Ibas) bersilaturahmi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Rabu (5/6).

Selain mengucapkan selamat Idul Fitri, AHY juga menyampaikan terima kasih atas kesediaan Jokowi menjadi inspektur upacara pemakaman sang ibu, Ani Yudhoyono di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Minggu (2/6) kemarin.

"Saya menyampaikan Idul Fitri dan ucapan terima kasih atas kesediaan beliau menjadi inspektur upacara dalam sebuah prosesi pemakaman militer yang begitu terhormat bagi ibunda kami tercinta, almarhumah ibu Ani Yudhoyono," ujar AHY usai pertemuan yang digelar di ruang utama Istana Merdeka itu.

Berita Terkait : Tunda Pengesahan RUU KUHP, Jokowi Dengar Keluhan Rakyat

Komandan Kogasma Partai Demokrat itu juga memuji pidato Jokowi dalam upacara pemakaman itu.

Dalam pidatonya, Jokowi menggunakan istilah "flamboyan telah pergi namun akan tetap hidup di hati kita semuanya, rakyat Indonesia yang mencintainya" untuk menggambarkan ibu Ani yang telah wafat, namun selalu dikenang.


"Pidato beliau juga yang sangat mengharukan menyentuh hati kami," tutur AHY.

Berita Terkait : Pesawat Jokowi Mendarat Mulus Di Tengah Pekatnya Kabut Asap Riau

"Kami meneteskan air mata karena memang dari dulu Pak SBY memanggil dengan sebutan flamboyan bagi Bu Ani," imbuhnya.

Panggilan itu, lanjut AHY, sudah sejak SBY menempuh pendidikan taruna di Akademi Militer Magelang. SBY pun membuatkan puisi berjudul Flamboyan untuk Ibu Ani.

"Dan kemarin kembali diangkat dalam proses pemakaman itu, menghadirkan kembali banyak sekali memori kenangan bahwa memang Ibunda Ani itu seorang yang teguh kuat, inspiratif, dan Insyallah selalu menyayangi keluarga serta masyarakat Indonesia di manapun berada," ujar AHY.

Berita Terkait : Dapat Penghargaan Dari Insinyur ASEAN, Jokowi Merendah

Dia pun kembali menyampaikan rasa terima kasihnya kepada Jokowi yang telah berkenan memberikan sambutan ataupun salam perpisahan yang mewakili seluruh rakyat Indonesia.

Dalam pertemuan di Istana Merdeka, selain bersama Ibas, AHY juga didampingi istrinya, Anissa Pohan dan istri Ibas, Aliya Rajasa. Sementara Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana serta anak ketiganya, Kaesang Pangarep. [OKT]