Komunitas Pers Gelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media

Klik untuk perbesar
Panelis Diskusi Kelompok Terpumpun (FGD), Piala Presiden Kompetisi Nasional Media, dari kiri: Staf Ahli Menkominfo Prof. Dr. Henri Subiakto, SH, MA, Presiden Direktur Metro TV Suryopratomo, Direktur Utama Rakyat Merdeka Group Margiono di Hotel Aryaduta Jakarta, Senin (15/7). (Foto: M Qori Haliana/Rakyat Merdeka)

RMco.id  Rakyat Merdeka - Dalam rangka mendorong peran serta media dalam mengatasi masalah bangsa Indonesia, komunitas media menggelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media.

Kompetisi yang untuk pertama kali digelar pada tahun 2019 ini, direncanakan menjadi ajang tahunan kalangan media. Lebih dari itu, kompetisi ini juga diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas dan peran serta media, terhadap persoalan negara.

Piala Presiden Kompetisi Nasional Media merupakan penghargaan atas Karya Jurnalistik Lintas Platform berupa laporan jurnalistik, tajuk rencana, dan artikel opini.

Berita Terkait : Revisi UU KPK, Maunya DPR Beda Dengan Presiden

Piala Presiden akan diberikan kepada media maupun individu, yang karyanya memberi manfaat besar bagi pemerintah maupun masyarakat luas, dalam menghadapi berbagai persoalan krusial bangsa Indonesia dewasa ini.

Ketua Penyelenggara Piala Presiden Kompetisi Nasional Media Margiono mengungkapkan, gagasan menggelar Piala Presiden Kompetisi Nasional Media muncul dalam forum silaturahmi antara Presiden Jokowi dengan sejumlah tokoh media.

"Pada kesempatan itu, Jokowi mengapresiasi dukungan media dalam membantu pemerintah, mengatasi berbagai tantangan penting yang tengah dihadapi bangsa Indonesia," kata Margiono di Jakarta, Senin (15/7).

Berita Terkait : Sosialisasi Piala Presiden Kompetisi Nasional Media di Manado

“Kita ingin apresiasi tersebut dilembagakan melalui pemberian Piala Presiden Kompetisi Nasional Media,” imbuhnya.

Selain sebagai bentuk apresiasi terhadap media, kompetisi nasional media ini juga ditujukan untuk mendapatkan sumbang pemikiran kalangan media, terhadap tantangan bangsa Indonesia dewasa ini.

Untuk itu, Piala Presiden Kompetisi Nasional Media memiliki dua kegiatan utama, yakni pemberian award (penghargaan) terhadap karya jurnalistik, dan serangkaian diskusi yang melibatkan kalangan media. Baik di tingkat nasional, maupun di sejumlah daerah.

Berita Terkait : Bagir Manan: Pers Harus Ikut Bantu Selesaikan Masalah Bangsa


“Dua bentuk kegiatan utama ini menjawab apa yang menjadi tujuan penyelenggaraan Piala Presiden Kompetisi Media ini. Yakni, penghargaan pemerintah terhadap sumbangan media dalam bentuk karya jurnalistik, sekaligus mendapat masukan pemikiran dari kalangan media untuk pemerintah,” jelas Margiono.
 Selanjutnya